SOLOPOS.COM - Suasana kopdar komunitas pecinta Mitsubishi L300 di Yogyakarta belum lama ini. (Istimewa)

Solopos.com, JOGJA – Industri otomotif segmen kendaraan niaga ringan kini makin ramai dengan munculnya banyak pemain baru. Namun, satu yang paling melegenda adalah Mitsubishi L300.

Kendaraan yang masuk ke pasar Indonesia sejak 1981 memiliki perjalanan cerita yang cukup panjang. Selama hampir tiga dekade ini, Mitsubishi L300 mengalami perkembangan varian mesin yang cukup dinamis. Namun, yang paling menarik, Elsapek sapaan akrab Mitsubishi L300, tetap mempertahankan karakter bodi kendaraan yang klasik. Bahkan, terkesan begitu-begitu saja.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Namun, inilah yang disukai dari para pengguna Mitsubishi L300. Desain kotak dengan lampu yang juga berbentuk kotak, membuat kendaraan ini mudah sekali dikenali saat berkeliaran di jalanan.

Posisi mesin di bawah jok yang membuat dimensi kendaraan lebih maksimal dan kabin yang lapang membuat penggunanya nyaman. “Ruang angkutnya juga luas. Ini saya bikin saya jatuh cinta dengan L300, bahkan sejak saya kecil, saat itu saya lihat bapak saya juga dulu pakai L300,” kata pengusaha percetakan batako dan jual beli material asal Ngadirojo II RT 001/RW I, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Sri Susanto, 44, saat berbincang dengan Solopos.com beberapa waktu lalu.

Sri mengaku sudah cinta dengan Mitsubishi L300 karena bodi yang elegan. L300 adalah satu-satunya pikap yang sejak 1981 hingga saat ini tidak banyak perubahan dari sisi bodi. “Bentuknya itu-itu terus tidak ada perubahan. Pada 2007, saat L300 mulai pakai fitur power steering, di situlah saya makin yakin untuk punya L300 sendiri sebagai armada angkut andalan saya.”

Suasana kopdar komunitas pecinta Mitsubishi L300 di Yogyakarta belum lama ini. (Istimewa)

Meskipun desain kendaraan tidak banyak berubah, ada sejumlah alasan pengguna betah dan setia pakai Mitsubishi L300. Inilah yang bikin L300 menjadi kendaraan niaga legendaris. Selain performa kendaraan yang bisa diandalkan, dari segi perawatan juga mudah, dan ketersediaan suku cadangnya cukup luas.

Belum lama ini, Mitsubishi Motors merilis generasi terbaru L300 yakni Mitsubishi New Colt L300 Euro4. Untuk L300 Euro4, Mitsubishi tetap mempertahankan desain yang sama yakni desain kotak yang tujuannya untuk memberikan ruang interior yang lebih lapang.

Meskipun demikian, ada beberapa penyegaran pada fitur hingga eksteriornya yang bikin pecinta Elsapek melirik generasi terbaru L300 ini. Dahman, petani sekaligus pedagang sayur asal kawasan Bandungan tepatnya Jugelan, Sumowono, Semarang, salah satunya.

Dahman, adalah salah satu pengusaha yang menambah aset armada pada akhir tahun lalu dengan membeli L300 Euro4. “Yang L300 lama itu tenaganya luar biasa, yang L300 Euro ini, karena pakai turbo jadi lebih bertenaga lagi,” kata Dahman.

Tak cuma soal performa, L300 Euro4 punya ukuran kargo lebih luas sekitar 8% atau lebih panjang 200 mm dari model pendahulu atau menjadi 2.630 mm. Penyegaran juga diberikan pada posisi kabin yang lebih tinggi 100 mm.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya