Modal Kunci Lemari, Eks Petugas Pengisi Uang Bobol ATM di Blora, Kuras Duit Rp113 Juta
Ilustrasi Pencurian (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, BLORA – Aksi nekat dilakukan pria asal Kudus, MAS, 23. Ia melakukan pembobolan ATM Bank Mandiri di wilayah Blora, Jawa Tengah (Jateng) sebanyak dua kali bermodalkan kunci almari.

Dari aksinya itu, MAS yang merupakan warga Kelurahan Margorejo RT 003/RW 001, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, mampu menggasak uang ratusan juta rupiah.

Kapolsek Ngawen Polres Blora, Iptu Sunarto, mengatakan tersangka pembobolan ATM di Blora, MAS, terbilang profesional. Ia berani beraksi seorang diri dari Kudus menuju Blora untuk menguras uang di ATM Bank Mandiri sebanyak dua kali.

“Kejadian pertama terjadi hari Selasa [12/5/2020] pukul 05.30 WIB. Dari aksinya itu ia menggasak uang Rp43.950.000. Sedang aksi kedua dilakukan Minggu [17/5/2020] pukul 04.00 WIB dan mengambil uang Rp69.800.000,” ujar Kapolsek Ngawen dalam keterangan resmi, Jumat (29/5/2020).

Masa Belajar di Rumah Siswa PAUD-SMP di Sragen Diperpanjang hingga 20 Juni 2020

Iptu Sunarto mengatakan keahlian tersangka pembobolan ATM di Blora diperoleh dari pengalaman kerja di PT UG Mandiri Kudus. PT UG Mandiri Kudus merupakan perusahaan jasa yang bergerak di bidang pengisian uang di ATM Bank Mandiri.

“Hasil pemeriksaan petugas, tersangka memang mantan pegawai di perusahaan jasa pengisian ATM PT UG Mandiri Kudus. Ia bekerja selama 4 bulan dan di-PHK pada bulan April lalu,” terang Iptu Sunarto.

Aksi Terungkap

Sunarto mengatakan aksi tersangka terungkap berdasarkan rekaman closed circuit television (CCTV) di dalam ATM Bank Mandiri tersebut.

Santri Ta’mirul Islam Solo Dijadwalkan Masuk Pondok 15 Juni 2020

Tersangka akhirnya diamankan Unit Reskrim Polsek Ngawen Polres Blora tanpa ada perlawanan.

"Hari Rabu [27/05/2020] pukul 14.00 WIB, kami amankan pelaku ketika sedang berada di rumahnya,” terang Kapolsek Ngawen.

Akibat perbuatann itu, tersangka pun dijerat Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan. Pria yang melakukan pembobolan ATM di Blora diancam hukuman penjara selama enam tahun.

“Total kerugian yang dialami PT UG Mandiri akibat perbuatan tersangka mencapai Rp113.750.000,” imbuh Kapolsek Ngawen.

Kena Corona & Mimpi Ketemu Setan, Drumer Metal Tobat


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho