SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Foto: JIBI)

Ilustrasi (Foto: JIBI)

JAKARTA–Pemerintah menargetkan prototipe platform mobil nasional bisa selesai pada tahun depan sebagai tahap awal untuk diproduksi secara massal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian Budi Darmadi mengatakan pihaknya dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sedang membuat desain untuk mesin dan komponennya.

Menurutnya, biaya produksi mobil nasional dinilai sangat mahal. Oleh karena itu, pemerintah sedang mengebut penyusunan platform jenis tersebut agar bisa lebih efisien dan bisa segera diproduksi massal.

“BPPT dan Kementerian Perindustrian sedang membuat desain untuk mesin dan komponennya,” ujarnya usai membuka kegiatan Pameran dan Seminar Industri Permesinan dan Alat Transportasi di Kementerian Perindustrian Selasa (25/9/2012).

Nantinya, ujar Budi, platform ini bisa digunakan untuk mobil angkutan umum, seperti multi purpose vehicle (MPV) dan pikap. Pemerintah, ungkapnya, menargetkan platform pasar mobil nasional akan difokuskan pada mobil di bawah 1.000 cc.

Budi menambahkan tidak adanya kesamaan platform membuat biaya produksi para prinsipal lokal membesar karena komponen mesin yang bisa diproduksi di dalam negeri justru diimpor dengan bea masuk cukup tinggi.

 

“Akibat platform yang belum terfokus, varian produk prinsipal lokal sangat banyak, sedangkan desain dan kapasitas mesin yang dihasilkan berbeda-beda,” ujarnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya