SOLOPOS.COM - Wabup Boyolali Agus Purmanto (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Wabup Boyolali Agus Purmanto (JIBI/SOLOPOS/Dok)

BOYOLALI — Wakil Bupati (Wabup) Boyolali, Agus Purmanto, mengatakan PNS dalam menjalankan tugas harus bersikap netral. PNS yang profesional tidak perlu takut terhadap intimidasi dari pihak tertentu.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Menurut Agus, profesi PNS diatur dalam undang-undang termasuk aturan tentang netralitas PNS. “Sebagai PNS yang cerdas, tentunya PNS itu akan mengetahui tupoksinya [tugas pokok dan fungsi]. Dalam rangka menjalankan perannya yang sudah ditata dalam UU. Sehingga kalau PNS itu sebagai abdi masyarakat, abdi pemerintah, jika PNS tersebut profesional, ya tentu harus menjalankan tugasnya sesuai aturan tersebut,” kata Agus ketika diminta tanggapannya soal dugaan intimidasi terhadap PNS di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali, Senin (18/2/2013).

Kalaupun ada intimidasi dari pihak tertentu terkait netralitas PNS, Agus menilai itu tergantung bagaimana yang bersangkutan menyikapinya. Menurut Agus, ancaman penempatan di wilayah-wilayah tertentu, tentu akan disikapi dengan profesional jika PNS tersebut cerdas.

“Sebagai PNS, memang dia harus netral. Walaupun secara pribadi, sebagai warga negara dia punya hak pilih dan hak untuk dipilih, namun PNS tidak boleh terlibat dalam politik praktis. Kenetralan PNS ini adalah bagaimana dia menjalankan tugasnya secara profesional sebagai PNS dengan tidak terlibat dalam politik praktis tersebut. Kalau PNS itu cerdas, tentunya dia tahu aturannya dan tidak takut terhadap intimidasi atau apapun karena dia [PNS] profesional,” tegas Agus di Boyolali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya