SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Beredar informasi warga Jawa Timur pendukung pasangan nomor urut 02 dimobilisasi untuk bergerak ke DKI Jakarta saat Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan hasil rekapitulasi perolehan suara Pemilu dan Pilpres 2019, Rabu (22/5/2019) pekan depan. Informasi mobilisasi itu dibalut dengan tema Jihad 22 Mei.

Tak hanya itu, dalam informasi yang beredar disebutkan, warga Jatim yang mau berangkat bisa ikut paket Tur Jihad Jakarta. Ada sejumlah jenis paket Tur Jihad Jakarta yang ditawarkan.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Pertama, bus besar isi 50 orang. Biayanya dipatok Rp450.000. Kedua, paket bus mini isi 30 orang seharga Rp400.000. Sementara paket ketiga yakni mobil Elf yang memuat 12 orang seharga Rp600.000. Sedangkan paket keempat yaitu mobil Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, atau Suzuki Ertiga, muat 6 orang dengan biaya Rp600.000.

Rombongan tur disebutkan akan berangkat dari Surabaya menuju Jakarta pada Minggu (19/5/2019) pukul 06.00 WIB. Kemudian mereka pulang dari Jakarta ke Surabaya pada Kamis (23/5/2019) subuh.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera menegaskan akan melakukan tindakan preventif untuk mencegah mobilisasi massa tersebut. “Kalau iya benar, kami akan lakukan langkah preventif sesuai aturan,” tegas Frans Barung Mangera, Jumat (17/5/2019).

Sesuai perintah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto, Pori dan TNI diminta mencegah kumpulan massa dari daerah datang ke Jakarta, pada Rabu (22/5/2019).

Wiranto juga meminta pemerintah daerah ikut melarang warga dalam jumlah besar datang ke Jakarta pada tanggal tersebut. “Sesuai perintah Menkopolhukam, kami akan lakukan pencegahan,” tegas Frans. Polda Jatim juga sudah memerintahkan polres-polres perbatasan seperti Tuban dan Ngawi untuk melakukan pengamanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya