SOLOPOS.COM - Chief Service Management Officer PT XL Axiata Tbk Yessie D. Yosetya (kiri) dan VP XL East Region Desy Sari Dewi (kanan) mencoba video call saat peluncuran layanan XL 4G LTE di Surabaya, Selasa (22/9/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Zabur Karuru)

Akses internet semakin menjadi kebiasaan pelaku UKM dalam menjalankan bisnisnya.

Harianjogja.com, JOGJA-Kebutuhan atas layanan data terus meningkat di kalangan pelaku bisnis usaha kecil menengah (UKM) Indonesia. Hal ini terjadi seiring dengan meningkatnya kesadaran atas manfaat akses internet dan data untuk meningkatkan produktivitas usahanya. Melihat fenomena tersebut, PT XL Axiata Tbk (XL) menawarkan solusi melalui layanan mobile broadband (MBB) “XL Biz” yang dirancang secara khusus untuk kalangan UKM.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Chief Digital Services Officer XL, Joseph Lumban Gaol mengatakan, dari beberapa hasil survei yang diperoleh, ada tiga fakta yang menarik mengenai kebutuhan atas akses internet dan layanann Data di kalangan UKM. “Pertama, mereka membutuhkan internet untuk penetrasi pasar mereka. Kedua, pelaku UKM rata-rata menggunakan perangkat mobile untuk memenuhi kebutuhan akses internetnya. Ketiga, mereka kurang puas dengan kinerja layanan internet yang sudah ada.Fakta-fakta tersebut menjadi membuka peluang bagi XL untuk menghadirkan layanan MBB bagi UKM,” katanya dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Selasa (25/10/2016).

Joseph melanjutkan, akses internet semakin menjadi kebiasaan pelaku UKM dalam menjalankan bisnisnya. Dia menyebut, sekitar 20% pelaku UKM di Jabodetabek memiliki toko online sendiri untuk memasarkan produk dan layanannya. Sementara itu, di sisi lain, mereka membutuhkan akses internet yang lebih berkualitas, lebih cepat dan stabil, serta sesuai dengan kemampuan anggaran sebagai pelaku bisnis menengah kecil. Hasil survey yang didapatkan XL menyebutkan, banyak di antara mereka yang tidak puas dengan layanan akses internet yang saat ini ada.

Sejumlah keunggulan melekat pada layanan MMB dari XL yang sesuai dengan kebutuhan kalangan UKM. Pertama, secara produk, layanan MBB memang memiliki kemampuan lebih seperti antara lain beroperasi di jaringan 4G LTE, harga paket layanan data yang paling kompetitif, serta disertai dengan layanan nilai tambah yang relevan bagi segmen UKM. Selain itu, perangkat router atau Mi-Fi sudah termasuk dalam dalam paket bundling.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya