MOBIL TOYOTA : Toyota Optimistis Alami Pertumbuhan di Jateng dan DIY

 Seorang model berpose di sebelah mobil Yaris Heykers pada acara peluncuran mobil terbaru Toyota itu di Mall Ciputra, Kota Semarang, Jumat (4/11/2016). (Imam Yuda Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

SOLOPOS.COM - Seorang model berpose di sebelah mobil Yaris Heykers pada acara peluncuran mobil terbaru Toyota itu di Mall Ciputra, Kota Semarang, Jumat (4/11/2016). (Imam Yuda Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

Mobil Toyota, penjualannya di wilayah Jateng dan DIY diyakini mengalami peningkatan.

Semarangpos.com, DEMAK – PT New Ratna Motor melalui jaringan diler Nasmoco Group, selaku pemasar resmi kendaraan Toyota di Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menargetkan penjualan hingga 30.000 unit pada tahun 2017 ini.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Managing Director New Ratna Motor, Fatrijanto, mengatakan target tersebut naik dari realisasi tahun lalu yang mencapai 27.700 unit. Untuk merealisasikan target tersebut pihaknya akan memanfaatkan pasar pelaku industri.

“Tahun ini berharap pada banyaknya relokasi manufaktur dari Jawa Barat, Jakarta, Bekasi ke sini. Banyak juga kawasan industri di Ungaran, Boyolali dan lain-lain kami akan memanfaatkan itu,” ujar Fatrijanto saat acara persemian program CSR Toyota Organic Village di Desa Mlaten, Kecamatan Mijen, Demak, Rabu (8/3/2017).

Dengan target penjualan tersebut pihaknya diproyeksikan akan menguasai sekitar 33% pangsa pasar mobil baru di Jateng dan DIY tahun ini. Persentase tersebut naik dari capaian tahun lalu sekitar 32%.

Adapun untuk kontribusi penjualan Toyota secara nasional, lanjut dia, hampir setiap tahun ada di kisaran 7%. Begitu juga dengan tahun ini, Fatrijanto memprediksi tidak akan berubah banyak. Di sisi lain, dengan penjualannya New Ratna Motor menjadi main dealer penyumbang penjualan terbanyak ketiga produk Toyota di Indonesia setelah Auto2000 dan Tunas Toyota.

Berkaca pada tahun lalu, kontribusi penjualan terbesar bagi New Ratna Motor datang dari low MPV yaitu Avanza dan LCGC yang diwakili Agya dan Calya yang hampir mencapai 50%. Fatrijanto menyebut, kontribusi kendaraan tersebut tahun ini akan tetap dominan, bahkan diperkirakan bertambah lebih dari 60%.

“Tahun lalu Calya penjualan dimulai dari Agustus, tahun ini full year. LCGC di Jateng itu sangat prospektif sekali karena pasar sepeda motor besar dan jika ekonomi tumbuh bisa pindah ke LCGC,” ujarnya.

Dengan demikian, lanjut dia, tidak mustahil jika kelak pasar LCGC akan menyalip Avanza yang selama ini menjadi kontributor penjualan terbesar bagi Toyota. Di sisi lain, untuk menggenjot penjualan pihaknya pun akan menambah dua outlet tahun ini sehingga New Ratna Motor akan diperkuat 24 jaringan tahun ini.

Sebelumnya, PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku distributor mobil Toyota di Indonesia tahun ini menargetkan penguasaan pangsa pasar minimal 35%. Adapun pada tahun 2016, PT TAM meraihan pangsa pasar mencapai 36,2%.

Sebagai gambaran, pada tahun lalu total penjualan retail Toyota mencapai 388.204 unit, naik sekitar 19,1% dari 2015 yang hanya 325.939 unit. Pada periode Januari-Februari 2017 Toyota meraih penjualan retail hingga 60.507 unit, naik sekitar 8,4% dari periode yang sama tahun lalu, yakni 55.821 unit.

Sementara itu, Vice President TAM, Henry Tanoto, mengatakan pihaknya optimistis tahun ini akan kembali mencatatkan pertumbuhan penjualan. Menurutnya, faktor pendorong pertumbuhan penjualan tahun ini adalah pertumbuhan ekonomi yang lebih baik ditopang keseriusan pemerintah dalam membangun infrastruktur serta membaiknya harga komoditas,

“Jadi harapannya sampai akhir tahun kami bisa tetap di atas 35% karena produk baru yang tahun lalu keluar seperti Calya dan Sienta akan dipasarkan setahun penuh. Kami juga pasti ada produk-produk refreshment tahun ini,” ucapnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Langit dari Bumi di Observatorium Bosscha dan Ancaman Polusi Cahaya

      + PLUS Langit dari Bumi di Observatorium Bosscha dan Ancaman Polusi Cahaya

      Observatorium Bosscha yang berlokasi di Lembang, Jawa Barat adalah observatorium astronomi modern pertama di Asia Tenggara, yang berkatnya pengamatan langit dari bumi dapat mendukung pengembangan astrofisika dalam topik bintang, namun kini terancam polusi cahaya.

      Berita Terkini

      APPBI: Pembatasan Impor Barang Mewah Bisa Bikin Stok Tak Up to Date

      APPBI menilai pembatasan impor tidak seharusnya diberlakukan bagi seluruh jenis dan kategori produk.

      Bima Sakti Ungkap Ritual Khusus Timnas Indonesia di Piala AFF U-16

      Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti mengatakan "ritual khusus" pemain di ruang ganti ditujukan untuk membakar semangat pemain saat Piala AFF U-16 2022.

      Pengacara Bharada E Deolipa Yumara Dipecat, Ini Isi Suratnya

      Deolipa Yumara menjadi pengacara Bharada E mulai Sabtu (6/8/2022) dan dipecat setelah empat hari, tepatnya Rabu (10/8/2022).

      50 Guru SMA di Boyolali Ikut Workshop Penulisan Sejarah, Ini Tujuannya

      Workshop menghadirkan narasumber yang berasal dari tim ahli penulisan sejarah dan fasilitator kurikulum merdeka dari Universitas Negeri Semarang (Unnes).

      Jadi Kadiv Propam Gantikan Sambo, Syahar Diantono Ternyata Asli Blora

      Menggantikan Ferdy Sambo sebagai Kadiv Propam Polri, Syahar Diantono ternyata wong asli Blora, Jawa Tengah.

      Angkat Pariwisata Lokal, Mandiri Jogja Marathon 2022 Siap Digelar

      Setelah sempat tertunda selama dua tahun, Bank  Mandiri kembali menggelar ajang Marathon skala Internasional di Yogyakarta bertajuk Mandiri Jogja Marathon (MJM) 2022.

      Terkini! Bharada E Pecat Pengacaranya Deolipa Yumara

      Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada RE atau Bharada E mencabut kuasa pengacaranya, yakni Deolipa Yumara dan Muhammad Burhanuddin mulai Rabu (10/8/2022).

      Road to Final Piala AFF U-16, Indonesia Cetak 14 Gol Vietnam 13

      Indonesia dan Vietnam menjadi tim paling produktif dengan masing-masing mencetak 14 gol dan 13 gol saat penyisihan dan semifinal Piala AFF U-16 2022.

      Pertamina: Konsumsi Pertalite Capai 16,8 Juta Kiloliter, Masih Amankah?

      Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting, mengatakan ketahanan stok Pertalite berada di level 18,3 hari.

      Solopos Hari Ini: Josua Pegang Kartu Sambo

      Motif pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir Josua (J) yang diotaki Irjen Pol. Ferdy Sambo kian terungkap.

      Jadwal Bioskop XXI Hari Ini (12/8/2022): Ada Satu Film Baru Hlo!

      Berikut ini jadwal bioskop XXI hari ini, Jumat, 12 Agustus 2022 di Kota Solo dan beberapa kota lainnya. Apa saja film yang tayang?

      Dukung Inovasi Energi, Pertamina Latih Peternak Boyolali Pakai Biogas

      Sebagai upaya menghadirkan energi bersih dan ramah lingkungan, Pertamina terus mendorong inovasi energi baru terbarukan.

      Ada Pemeliharaan, Cek Pemadaman Listrik di Jogja Hari Ini (12/8/2022)

      Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Bantul, DI Yogyakarta, pada hari ini, Jumat, 12 Agustus 2022.

      Indonesia Shopping Festival Dibuka di Solo, Ada Diskon Hingga 77 Persen

      Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyatakan Gibran mengatakan mall menjadi salah satu sektor pendukung pertumbuhan ekonomi.

      Langit dari Bumi di Observatorium Bosscha dan Ancaman Polusi Cahaya

      Observatorium Bosscha yang berlokasi di Lembang, Jawa Barat adalah observatorium astronomi modern pertama di Asia Tenggara, yang berkatnya pengamatan langit dari bumi dapat mendukung pengembangan astrofisika dalam topik bintang, namun kini terancam polusi cahaya.