SOLOPOS.COM - Toyota Calya (Istimewa/www.toyota-nav1.com)

Mobil terbaru Toyota, Calya, tak berdampak bagi pasar Avanza.

Semarangpos.com, SEMARANG — Kehadiran produk baru Toyota, yakni mobil low cost green car (LCGC) tipe multi purpose vehicle (MPV) tipe Calya, mendapatkan respons sangat positif dari masyarakat. Meski demikian, Nasmoco Group selaku diler resmi Toyota di Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mengklaim kehadiran Calya itu tak berdampak negatif bagi penjualan saudara tuanya, Avanza, di wilayah ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Padahal, sebelumnya banyak yang memprediksi hadirnya Calya bakal berdampak negatif bagi pasaran Avanza. Hal ini mengingat Calya bertipe sama dengan Avanza, yakni mobil MPV, namun harganya lebih murah.

Ekspedisi Mudik 2024

Sebagai perbandingan, untuk wilayah Jateng, Calya dibanderol dengan harga on the road (OTR) terendah, sekitar Rp130-an juta, sementara itu Avanza mencapai Rp180-an juta. Kendati demikian, Marketing Director Nasmoco Group, Hartono Dinata, mengungkapkan kehadiran tak berdampak signifikan bagi penjualan Avanza.

“Memang kalau dari SPK [surat pesanan kendaraan] Calya lebih unggul daripada Avanza selama satu bulan terakhir, yang mencapai 1.360. Tapi, dari sisi penjualan masih sama di angka 700-an unit,” ujar Hartono kepada wartawan di Paragon Mall Semarang, Rabu (14/9/2016) lalu.

Hartono justru mengaku dampak kehadiran Calya berpengaruh bagi penjualan mobil LCGC lainnya dari Toyota, yakni Agya. Penjualan Agya mengalami penurunan sekitar 20-25% semenjak datangnya Calya.

“Sekarang penjualan Agya sekitar 500 an unit. Jumlah ini menurun sekitar 20-25%. Meski demikian, menurunnya penjualan Agya itu bukan berarti market share Toyota di Jateng turun. Tapi, karena lebih banyak yang beralih ke Calya,” beber Hartono.

Hartono menambahkan untuk penjualan mobil Toyota di Jateng pada bulan Agustus 2016 lalu bisa mencapai sekitar 3.000 unit. Sementara, untuk SPK bisa mencapai 3.300.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya