SOLOPOS.COM - Mobil Toyota dalam video ISIS. (Autoblog.com)

Mobil Toyota dalam video ISIS memancing kecurigaan AS.

Solopos.com, NEW YORK – Mobil Toyota kerap muncul dalam video yang diunggah Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) ke Internet. Melihat hal tersebut, Amerika Serikat mencurigai Toyota telah memberi bantuan materiil kepada ISIS.

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

Seperti dilansir laman Abcnews, Rabu (7/10/2015), kecurigaan itu diungkapkan oleh mantan Duta BesarAS untuk PBB, Mark Wallace. Ia mengaku heran bagaimana bisa ISIS mendapat mobil ToyotaHiluxdanLand Cruiser dalam jumlah besar.

“ISIS selalu menggunakan mobil dalam kegiatannya. Di hampir semua video yang dibuat oleh ISIS, mereka menunjukkan menggunakan mobil Toyota dan itu sangat memprihatinkan bagi kami,” ungkap Wallace.

Duta Besar Irak untuk AS, Lukman Faily juga menduga ada aktivitas bawah tanah untuk mengirim mobil-mobil berpenggerak empat roda (4WD) itu hingga sampai ke tangan ISIS.

Ia menjelaskan pemerintah Irak telah bertanya ke negara-negara tetangga tentang asal mobil-mobil Toyota itu. Akan tetapi tidak ada satu pihak pun yang mengetahuinya.

Terkait tudingan itu, Toyota mengaku tidak mengetahui cara ISIS mendapatkan kendaraan termasuk mobil-mobil berlogo Toyota. Pabrikan asal Jepang itu juga mengaku memiliki kebijakan khusus dalam menjual mobilnya.

“Toyota memiliki kebijakan ketat untuk tidak menjual produk ke pembeli yang berafiliasi dengan kelompok yang berencana mengubah produk kami untuk aktivitas paramiliter,” ungkap Ed Lewis, Direktur Komunikasi Toyota AS sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Autoblog.

Selain mobil Toyota, ISIS sebenarnya juga menggunakan mobil besutan Hyundai, Mitsubishi dan Isuzu meski jumlahnya tidak banyak. Dalam beberapa video, tampak mobil itu dipasangi senapan mesin di bagian belakang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya