SOLOPOS.COM - Toyota All New Fortuner. (Twitter.com @Toyotaid)

Mobil Toyota Fortuner 2.8 L sengaja tidak tersedia di Indonesia. Ini alasan dari pihak Toyota.

 

Promosi Riwayat Banjir di Semarang Sejak Zaman Belanda

 

 
Harianjogja.com, JAKARTA — SUV Fortuner ditawarkan Toyota dengan dua tipe mesin yaitu mesin bensin berkapasitas 2.700 cc, serta 4×2 diesel 2.400 cc yang hadir pada VRZ A/T dan G baik manual maupun otomatis.

Namun, di beberapa negara, Fortuner ada yang ditawarkan dengan mesin 2.800cc. Kenapa mesin itu tidak diperkenalkan di Indonesia?

Menurut Wakil Presiden Direktur TAM, Henry Tanoto, hasil riset pihak TAM disimpulkan, meisn 2.800 dirasa belum dibutuhkan oleh orang Indonesia. Masyarakat Indonesia masih cukup dengan mesin 2.4L dan 2.7L.

“2.800 cc ada di Thailand, tapi tidak kita masukan ke Indonesia karena kebutuhan di Indonesia masih bisa dipenuhi oleh mesin 2.400 cc,” kata Henry di acara peluncuran All New Fortuner di Jakarta

Pernyataan yang sama dituturkan oleh Executive Chief Engineer Toyota Motor Corporation Hiroki Nakajima. Dia menambahkan, mesin 2.400 dan 2.700 cc sudah lebih dari cukup dan memiliki performa sesuai keinginan konsumen.

“Mesin-mesin ini sudah memiliki torsi bagus dan performa saat berakselerasi sangat responsif,” kata Nakajima.

Untuk diketahui, mesin bensin 2.700cc yang ada di All New Fortuner menggunakan teknologi Dual VVT-i. Mesin bensin itu mampu menyemburkan tenaga hingga 163 ps/3.400 rpm dan torsi 24,7 kgm/4.000 rpm.

Sementara mesin diesel 2.400cc menggunakan Variable Noozle Turbo. Mesin itu mampu menyemburkan tenaga hingga 149 ps/3.400 rpm dengan torsi 40,8 kgm pada 1.600-2.000 rpm.

Walau kapasitas mesin lebih kecil 100 cc, namun performanya diklaim semakin baik dibandingkan dengan Fortuner terdahulu. Sementara, bagi konsumen yang menginginkan pengalaman lebih, dapat memilih varian 4×4. Semua line-up didesain untuk pelanggan yang menginginkan aura sporty yang kuat pada mobil mereka.

Mesin tipe GD yang merupakan new super diesel engine dari Toyota tidak hanya menghasilkan performa yang lebih besar, namun juga dapat menekan konsumsi bahan bakar. Sedangkan mesin bensin, menghasilkan akselerasi responsif dengan peningkatan tenaga dan mendukung efisiensi bahan bakar hingga titik optimal. Dengan kedua jenis mesin terbaru ini, All New Fortuner memiliki karakter mesin yang lebih halus dan performa memadai tanpa mengorbankan efisiensi bahan bakar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya