MOBIL TOYOTA : Hanya Bertahan Satu Tahun, Ini Alasan Toyota Hentikan Penjualan Yaris Heykers...

MOBIL TOYOTA : Hanya Bertahan Satu Tahun, Ini Alasan Toyota Hentikan Penjualan Yaris Heykers...

SOLOPOS.COM - Seorang model berpose di sebelah mobil Yaris Heykers pada acara peluncuran mobil terbaru Toyota itu di Mall Ciputra, Kota Semarang, Jumat (4/11/2016). (Imam Yuda Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

Mobil Toyota Yaris Heykers tak lagi beredar di pasaran.

Solopos.com, SEMARANG – Agen tunggal pemegang merek mobil Toyota di Indonesia, PT Toyota Astra Motor (TAM), membuat keputusan yang cukup mengejutkan dengan menghentikan penjualan Yaris Heykers.

Padahal, mobil tipe medium hatchback yang diluncurkan tahun 2017 itu cukup laris di pasaran. Sebagai gantinya, tahun ini TAM meluncurkan seri terbaru dari Yaris, yakni New Yaris atau Yaris Facelift.

Area General Manager TAM, Dicky Zulkarnaen, saat sesi jumpa pers di Paragon Mall, Semarang, Kamis (22/2/2018) menyebutkan alasan menghentikan penjualan Yaris Heykers.

"Tahun ini, Yaris Heyker tidak dipasarkan. Sebagai gantinya, kami meluncurkan New Yaris. Fitur-fitur dalam Yaris Heykers sudah diakomodasi di New Yaris, tipe TRD. Jadi, New Yaris ini sudah bisa mengakomodasi keinginan konsumen yang menginginkan Yaris Heykers," terang Dicky.

Sementara itu, Marketing Director Nasmoco Group selaku dealer utama Toyota di Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Hartono Dinata, menyambut optimistis hadirnya New Yaris. Ia yakin New Yaris mampu mendongkrang penjualan mobil Toyota di Jateng dan DIY, terutama dari segmen medium hatchback.

Hartono menyebutkan pada tahun 2017 lalu, Nasmoco mampu memasarkan sekitar 28.000 unit mobil Toyota. Dari total penjualan sebanyak itu, Yaris memberi kontribusi sekitar 2,9%.

"Tahun ini kami menargetkan mobil tipe Yaris mampu memberikan market share sekitar 3%. Kalau dihitung seperti itu, berarti harus ada penjualan sekitar 120-130 unit New Yaris per bulannya," beber Hartono.

Nasmoco juga tidak mempermasalahkan jika TAM menghentikan pemasaran Yaris Heykers. Nasmoco menilai Yaris Heykers dan New Yaris sama-sama memiliki keunggulan yang bakal diminati pasar. Dari data yang dirilis Gaikindo menyebutkan tahun 2017, Toyota mampu menjual mobil tipe medium hatchback, Yaris sekitar 10.000 unit. Dari total penjualan itu, sekitar 53% merupakan tipe Heykers.

Tipe Heykers memang cukup diminati karena dianggap perpaduan antara hatchback dengan crossover dengan groundclereance mencapai 183 mm atau lebih tinggi 35 mm dibanding tipe lainnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

H+2 Lebaran, 11.700 Kendaraan ke Jateng Dipaksa Putar Balik

Sebanyak 11.700 kendaraan dari wilayah Jawa Barat (Jabar) yang menuju Jawa Tengah (Jateng) harus putar balik  pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Patroli Objek Wisata Air Klaten, Polisi Tak Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan

Pengelola objek wisata air Klaten juga sudah menyiapkan alat pengeras suara untuk mengimbau ke seluruh pengunjung.

Arus Turun Wisatawan dari Tawangmangu dan Ngargoyoso Lancar

Arus turun kendaraan wisatawan dari Ngargoyoso dan Tawangmangu, Karanganyar terpantau lancar Sabtu (15/5/2021) sore.

Mas Abby Eks Napi Teroris Yang Kini Mahir Meracik Siomay, Jualan di Sukoharjo

Kristianto alias Mas Abby mantan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Malang kini berjualan siomay di sekitar kediamannya di wilayah Sukoharjo.

Lalu Lintas Wonogiri Ramai, Mayoritas Keluar Kota

Lalu lintas di jalan raya Wonogiri pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021) terpantau masih ramai, tetapi lancar. Kebanyakan kendaraan keluar dari Wonogiri.

649 Kendaraan Berpelat Nomor Luar Daerah Terpaksa Putar Balik di Prambanan

Sebanyak 649 kendaraan roda empat berpelat luar daerah harus putar balik selama berlangsung penyekatan pemudik arus balik di Prambanan, Klaten.

Wisatawan Luar Jateng yang Mencoba Masuk Lewat Karanganyar Terus Bertambah

Wisatawan dari luar Jawa Tengah yang mencoba masuk ke Karanganyar, Jateng semakin banyak pada H+2 Lebaran atau Sabtu (15/5/2021).

Overload! Perahu Wisata yang Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali Maksimal Angkut 12 Penumpang

Perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021) kelebihan muatan karena maksimal mengangkut 12 penumpang.

Penting! Lakukan Ini Jika Alami Musibah Kapal Tenggelam

Ada sejumlah hal dilakukan saat alami musibah kapal tenggelam.

Transpuan Hollywood Ini Pernah Sambangi Magelang

Sosok yang pernah menjadi ayah tiri dari selebriti penuh sensasi, Kim Kadarshian, ini pernah menyambangi Magelang.

Liburan Cari Ikan, Bakul Bakso Tewas Kena Alat Setrum Punya Sendiri

Pedagang bakso di Grobogan, Jawa Tengah tewas setelah tersengat listrik dari alat setrum ikan milik sendiri saat mencari ikan.

Tolong Temannya yang Tercebur di Sungai, Pemuda Sukoharjo Tenggelam dan Meninggal Dunia

Seorang pemuda bernama Adam Susanto, warga Desa Triyagan, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo tenggelam di sungai di Desa Wirun, Kecamatan Mojolaban.