SOLOPOS.COM - Toyota Calya. (Otodriver.com)

Mobil Toyota Calya diprediksi lebih irit dari Etios Valco.

Solopos.com, SOLO – Mobil Toyota Calya akan lahir di Indonesia membawa mesin warisan Etios Valco. Lantas berapa kira-kira konsumsi bahan bakar minyak (BBM) pada LCGC 7-seater terbaru itu?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan catatan Solopos.com ketika pameran otomotif IIMS 2013 silam, PT Toyota Astra Motor (TAM) menyebut mesin 1.200 cc Etios Valco yang bertenaga 80 hp dengan torsi 104 Nm mengonsumsi BBM 16,8 km/liter di jalan tol.

Tetapi perlu diingat, pada Toyota Calya mesin tersebut sudah ditambahkan dengan teknologi Dual VVT-I dan tenaganya naik menjadi 88 hp dengan torsi 107 Nm. Ketika digunakan perdana pada Grand New Avanza, TAM mengklaim Dual VVT-I membuat kinerja mesin lebih efisien sehingga lebih irit BBM.

Selain itu dikutip dari laman Kemenperin.go.id, Jumat (22/7/2016), salah satu ketentuan mobil dapat dikategorikan sebagai LCGC dan mendapat keringanan pajak adalah wajib memiliki tingkat konsumsi BBM sekurang-kurangnya 20 km/liter.

Ketentuan lainnya adalah mobil LCGC wajib memiliki spesifikasi mesin yang hanya dapat “menenggak” bahan bakar minimum dengan kadar research octane number (RON) 92 atau setara Pertamax.

Melihat fakta tersebut, tidak menutup kemungkinan mobil Toyota Calya yang akan dijual antara Rp129 juta hingga Rp149 juta on the road Jakarta memiliki konsumsi BBM di kisaran 20-21 km/liter seperti rivalnya, Datsun Go+.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya