SOLOPOS.COM - Renault Clio RS 220 Trophy. (Autoblog.com)

Mobil tercepat Renault Clio RS menggusur rekor Mini Cooper JCW.

Solopos.com, NURBURGRING – Rekor mobil tercepat dunia kelas hatchback kini dipegang oleh Renault Clio RS 220 Trophy. Tetapi bukan hatchback secara umum, melainkan kelas hatchback kecil alias rocket pocket.

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

Dilaporkan laman Autoblog, Senin (21/12/2015), Renault Clio RS dinyatakan sebagai mobil tercepat setelah melahap lintasan di sirkuit Nurburgring, Jerman, dalam waktu 8 menit 23 detik.

Torehan waktu tersebut sekaligus menggeser pemuncak sebelumnya, Mini Cooper JCW ke posisi kedua dengan catatan waktu 8 menit 35 detik. Disusul oleh Opel Corsa di tempat ketiga dengan 8 menit 40 detik dan Audi S1 dengan 8 menit 41 detik di urutan ke empat.

”Renault dan motorsport selalu terkait erat,” ujar Managing Director Renault, Oliver Gaudefroy kepada Christian Gebhart selaku editor majalah otomotif Sport Auto saat dijumpai di Nurburgring.

Oliver menjelaskan Renault Clio RS ”hanya” dibekali mesin 1.600 cc turbo. Tetapi tenaganya meledak menjadi 220 hp berkat setingan dan tambahan perangkat khusus, seperti sasis dan suspensi yang lebih kaku dan tiga mode berkendara.

Tak ketinggalan, raja baru para hatchback mungil itu juga telah dilengkapi perangkat overboost. Perangkat tersebut membuat torsi Clio RS yang semula 260 Nm meningkat pesat ke angka 281 Nm.

Angka-angka pada tenaga dan torsi itu bahkan mengalahkan mobil-mobil kelas sedan sport mewah yang memiliki harga lebih mahal, seperti Mitsubishi Lancer Evo, BMW X6 M, dan Aston Martin DB7 GT.

Kendati demikian, rekor mobil tercepat di dunia kelas hatchback secara umum masih dipegang oleh Civic Type R. Civic terganas besutan Honda itu memiliki rekor yang belum terkalahkan selama beberapa tahun terakhir, yakni 7 menit 50 detik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya