SOLOPOS.COM - Mobil tercebur di Danau Toba saat keluar dari keluar dari kapal. (dok/Polda Sumut)

Solopos.com, SAMOSIR - Sebuah mobil tercebur ke Danau Toba, Sumatra Utara (Sumut), saat hendak keluar dari feri. Akibatnya, satu orang penumpang di mobil meninggal dunia.

Plt Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Samosir, Sardo Sirumapea, mengatakan mobil tersebut hendak keluar dari Kapal Motor Penumpang (KMP) Ihan Batak untuk masuk ke Pelabuhan Ambarita. Peristiwa itu terjadi pada Senin (31/5/2021) sekitar pukul 15.00 WIB.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

"Jumlah penumpang dalam mobil empat orang. Satu penumpang mobil jenis kelamin perempuan meninggal, tiga orang selamat," kata Sardo saat dimintai konfirmasi.

Peringatan Hari Lahir Pancasila, Masyarakat Diimbau Kibarkan Merah-Putih

Sardo mengatakan peristiwa ini terjadi saat kapal sudah bersandar di dermaga untuk menurunkan penumpang. Saat itu terjadi angin kencang sehingga kapal terus bergerak.

"Tiba-tiba angin kencang dan berputar sehingga mengakibatkan kapal maju mundur dan mengakibatkan tali tross kapal putus. Setelah kapal mundur, ramp door (pintu rampa) terlepas dari movable bridge, sehingga rantai ramp door juga putus," ucapnya.

Sardo menjelaskan 31 mobil diangkut kapal tersebut. Sebelum mobil tercebur ke Danau Toba, sudah 10 mobil keluar dari kapal. "Kapal sudah sandar di Dermaga Ambarita, dan telah mengeluarkan mobil sebanyak 10 unit," ucapnya.

Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila dari Istana Bogor

 

Dievakuasi

Mobil yang tercebur ke Danau Toba kini sudah dievakuasi. Sementara korban meninggal dibawa pulang ke rumahnya di Kota Tebingtinggi.

"Untuk korban meninggal sudah dievakuasi ke Puskesmas Ambarita. Untuk selanjutnya korban meninggal beserta keluarganya dibawa ke Tebingtinggi," jelas Sardo.

Sardo mengatakan kondisi saat ini seluruh mobil dan penumpang yang berada di dalam kapal sudah dievakuasi. Sementara kapal masih bersandar di dermaga untuk perbaikan. "Ihan Batak tetap bersandar menunggu perbaikan," paparnya.

Serena/Ketut, Ganda Putri PB Djarum Juarai Austrian Open 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya