SOLOPOS.COM - Toyota Sienta. (Indianautosblog.com)

Mobil terbaru Toyota Sienta jadi pesaing baru Honda Freed di Jepang.

Solopos.com, TOKYO – Toyota Motor Corporation (TMC) di Jepang resmi meluncurkan mobil terbaru Toyota Sienta. Mobil tujuh penumpang pesaing Honda Freed itu memiliki desain yang unik mirip salah satu ninja dalam film Naruto, Jiraiya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Setelah desainnya diperkenalkan Mei 2015 lalu, kini mobil tebaru Toyota Sienta resmi mengaspal di Negeri Sakura. Seperti dilansir laman Indianautosblog, Senin (13/7/2015), Sienta memiliki tampilan depan yang mirip dengan Toyota Yaris. Sedangkan bagian sampingnya mirip Honda Freed karena memiliki pintu geser.

Kemiripannya dengan Yaris terletak pada grille yang berbentuk trapesium terbalik. Sedangkan yang membuatnya mirip seperti tokoh ninja Jiraiya adalah aksen garis yang memanjang dari lampu depan hingga lampu kabut.

Tidak selesai sampai di situ, TMC juga memberikan sentuhan modern pada Sienta lewat pilar A, B dan C yang dibalut dengan warna hitam. Hal itu membuat efek floating roof seperti yang kerap dijumpai pada mobil besutan Mini.

Bergeser ke bagian buritan, aksen tarikan garis hitam juga masih dijumpai. Kali ini garis itu memanjang dari lampu belakang ke bagian atas bumper. Tidak seperti Freed yang memiliki pintu belakang cenderung rata dan mengejar kesan elegan, pada Sienta desainnya dibuat bergelombang untuk memperkuat kesan sporty.

Interior Toyota Sienta. (Rushlane.com)

Interior Toyota Sienta. (Rushlane.com)

Masuk ke bagian kabin, interior mobil terbaru Toyota Sienta tampil minimalis namun jauh dari kesan membosankan berkat perpaduan warna hitam dan putih tulang dengan aksen oranye dan cokelat.

Sayangnya, kursi baris ketiga tidak cukup lega sehingga hanya cocok untuk diduduki oleh anak-anak.

Dikutip Solopos.com dari laman Rushlane, Sienta memiliki fitur yang cukup komplet, yakni Safety Sense Cautomatic high-beamslane departures, indikator peringatan saat akan terjadi benturan serta head unit yang dilengkapi layar LCD 4,2 inci.

Membuka kap mobilnya, mobil segmen compact MPV itu dibekali mesin bensin 1.500 cc bertenaga 107 hp dengan rasio konsumsi bensin 20 km/liter. Sedangkan untuk varian hybrid, mesinnya masih berkapasitas 1.500 cc namun tenaganya disunat menjadi 74 hp karena dibantu dengan motor listrik. Rasionya menjadi lebih irit mencapai 27 km/liter.

Di Jepang, mobil terbaru Toyota Sienta dijual seharga 1,68 juta yen atau sekira Rp182 jutaan. Melihat segmennya, mobil itu memiliki kemungkinan untuk hadir di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya