SOLOPOS.COM - Chairman Renault Asia Pasifik Gilles Normand (kiri) bersama Presiden Direktur PT Indomobil Sukses Internasional Jusak Kertowidjojo (kanan) di depan Renault Duster 4x4. (Detik.com)

Mobil terbaru Renault Duster 4×4 resmi meluncur. Mobil itu diklaim cocok dengan jalanan Indonesia yang memiliki banyak karakter berbeda.

Solopos.com, BOGOR – Setelah sebelumnya dipamerkan dalam pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 lalu, produsen otomotif asal Prancis, Renault, resmi meluncurkan SUV tenaga mesin diesel bernama Duster 4×4.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mobil Sport utility Vehicle (SUV) itu diklaim sangat cocok dengan karakter jalanan di Indonesia yang bermacam-macam.

Berbeda dari mobil lain besutan Renault untuk pasar Indonesia yang masih didatangkan utuh dari Prancis, Duster 4×4 justru diproduksi secara lokal di Indonesia. Renault mengambil keputusan itu karena melihat kemampuan Duster 4×4 yang cocok untuk melibas segala tipe jalanan di Indonesia, baik aspal hingga medan off road.

“Indonesia ini negara kepulauan, dengan jumlah kabupaten sekira 500-an banyaknya. Dan harus diakui tidak semua kualitas jalan yang ada sama mulusnya, maka Duster 4×4 ini sangat cocok menjadi pilihan bagi para pengusaha yang memiliki sebaran usaha di banyak wilayah di Indonesia,” ungkap Presiden Direktur PT Indomobil Sukses Internasional, Jusak Kertowidjojo, selaku rekanan Renault di Indonesia seperti dilansir laman Kantor Berita Antara, Selasa (5/4/2015).

Jusak menjelaskan, Duster 4×4 merupakan pemain tunggal di kelas Small SUV di bursa mobil Indonesia. Pada jantung pacunya, mobil itu dibekali mesin diesel DCI Turbo berkapasitas 1.461 cc yang dipadukan dengan transmisi manual lima percepatan.

Hasilnya, mobil berbobot 1,3 ton itu mampu menghasilkan tenaga sebesar 110 hp pada 4.000 rpm dengan torsi puncak 245 Nm pada 1.750 rpm. Tenaga itu kemudian disalurkan sempurna ke kaki-kaki mobil yang dibekali sistem penggerak empat roda.

Dikutip Solopos.com dari laman Detik.com, Renault Duster 4×4 juga memiliki ground clearance tertinggi di kelasnya, yakni mencapai 210 mm. Dengan jarak setinggi itu, Duster 4×4 dapat dengan mudah melibas genangan air setinggi 400 mm.

Selain mesin yang terbilang ganas, Duster 4×4 juga memiliki daya tarik laun berupa kabin yang lega dengan desain simpel serta bagasi sebesar 410 liter. Panel dashboard juga didesain dengan apik sehingga memudahkan pengemudi dalam mengakses tombol pilihan mode berkendara, yakni 2WD, Auto and Lock.

Dalam peluncuran di Jeep Station Indonesia, Bogor, Jawa Barat itu, Jusak menjelaskan Renault Duster 4×4 dijual seharga Rp333,5 juta untuk model E2 dan Rp339,5 juta untuk model E3. Perbedaan dari dua model itu hanya terletak dalam hal kelengkapan dan aksesori.

Selain menjajakan mobil terbaru Renault Duster 4×4, produsen asal Prancis itu juga masih aktif menjual Duster 4×2, Koleos, Captur, Clio RS, dan Megane RS di Indonesia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya