SOLOPOS.COM - Honda Jade

Mobil terbaru Honda Jade diklaim mampu berjalan sejauh 25 km dengan konsumsi BBM 1 liter.

Solopos.com, TOKYO – Manufaktur otomotif asal Jepang, Honda, mulai menjual Multi Purpose Vehicle (MPV) hybrid yang diberi nama Jade. MPV berkapasitas 6 penumpang ini diklaim irit konsumsi bahan bakar minyak (BBM).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Situs resmi Honda telah memajang Jade, lengkap dengan jadwal perilisan Februari 2015 ini. Mobil ini telah dipresentasikan pada 12 Februari 2015 lalu dan akan meluncur ke pasaran pada akhir Februari.

Senior Managing Officer Honda Motor, Sho Minekawa, memastika Jade adalah akan membawa Honda kembali ke jalur produsen mobil irit ramah lingkungan.

Honda memang sedang mengalami penurunan penjualan di Jepang karena proses recall yang massif. Recall itu terjadi karena masalah airbag buatan Takata.

“Berdasarkan hasil terbaru di awal tahun, pelanggan kami mulai kembali. Mobil-mobil seperti Fit (Jazz) dan Vezel (HR-V) juga sudah kembali sukses,” ujarnya dikutip Solopos.com dari Detik, Senin (16/2/2015).

Honda tahun ini menargetkan menjual sekitar 5,2 juta-5,3 juta kendaraan. Angka itu memang lebih rendah dari tahun sebelumnya yang mencapai 5,56 juta kendaraan.

Seperti dikutip dari laman resmi Honda, mobil berkapasitas 6 penumpang ini diklaim Honda memiliki konsumsi BBM 25 km per liter.

Mobil memiliki sistem penggerak hybrid. Yang menggabungkan motor listrik dengan mesin 1.500 cc DOHC i-VTEC.

Untuk menyalurkan tenaga mesin ke roda digunakan sistem transmisi 7 percepatan DCT.

Honda mengklaim mobil ini memiliki konsumsi BBM 25 km per liter yang merupakan angka terbaik di kelasnya yakni kelas minivan penumpang.

Mobil ini sudah memiliki identitas khas Honda yakni Solid Wing Face, dengan grille dan lampu utama yang memiliki motif horisontal.

Mobil memiliki tinggi yang rendah yakni 1.530 mm, jadi bisa masuk ke dalam garasi yang pendek.

Selain itu, agar lebih mudah dikendarai di daerah urban, panjang mobil pun ditetapkan sepanjang 4.650 mm.

Lampu-lampu mobilnya sudah menggunakan lampu LED yang memperlihatkan cita rasa berkualitas tinggi.

Mobil mengggunakan platform kabin rendah yang memudahkan penumpang untuk masuk. Di kursi baris pertama, Honda menyebutkan posisi duduknya mirip seperti posisi duduk ketika mengendaria mobil sedan.

Untuk baris kedua menggunakan jok captain seat yang bisa digeser. Baris ketiganya bisa dilipat ke kiri dan kanan tergantung kebutuhan.

Honda Jade memiliki fitur seperti Honda Sensing, yakni sebuah sistem dengan 2 jenis sensor dengan karakteristik yang berbeda dan kamera monokuler. Satu sensor berupa radar yang dipasang di emblem mobil bagian depan, dan kamera monokuler yang dipasang di bagian atas kendaraan dekat dengan kaca spion.

Sistem ini akan mendeteksi kendaraan di sekitar termasuk para pejalan kaki. Sistem ini juga bisa mencegah kendaraan ke luar jalurnya saat dikemudikan di jalan tol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya