SOLOPOS.COM - Suzuki Splash. (Suzuki.co.id)

Mobil Suzuki Splash berhenti diproduksi di India.

Solopos.com, JAKARTA – Salah satu mobil mungil andalan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Splash, dipastikan berhenti diproduksi alias discontinue di India. Melihat penjualannya di Indonesia yang cukup menjanjikan, seperti apa langkah SIS?

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Dalam peluncuran mobil Suzuki Celerio di Pekan Raya Jakarta 2015, SIS dengan percaya diri mengatakan masih akan menjual Suzuki Splash dan menampik isu “suntik mati”. Padahal seperti diketahui, seluruh Splash di Tanah Air didatangkan SIS dari pabrik Suzuki di India.

Sementara itu dilansir laman otomotif India, Motorbeam, Senin (7/7/2015), mobil mungil yang di India dikenal dengan nama Suzuki Ritz itu sudah dihentikan produksinya secara global.

Sebagai gantinya, Suzuki India menghadirkan Suzuki Celerio yang juga sudah mengaspal di Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Seiji Itayama selaku 4W Managing Director SIS mengaku belum mendapat informasi dari Suzuki India secara resmi. Kendati demikian pria asal Jepang itu menjelaskan kebenaran kabar tersebut cukup akurat.

“Mohon maaf saya secara pribadi belum diberikan informasi resmi dari India. Saya akan coba pastikan. Tapi, jika di India akan dihentikan maka kemungkinan besar discontinue Splash di Indonesia cukup besar, karena Splash itu sendiri diambil dari India,” tutur Itayama seperti dikutip dari laman Detik.

Jika mobil Suzuki Splash benar-benar discontinue, Itayama menjamin ketersediaan onderdil mobil city car itu selama 10 tahun ke depan. “Kami akan jamin sampai 10 tahun ke depan,” imbuh Itayama.

Stok Splash di Indonesia Kosong
Sementara itu, 4W Marketing Planning SIS, Makmur, mengatakan stok Suzuki Splash di Indonesia hampir kosong. Padahal sebagian besar diler Suzuki tercatat sudah mengantongi sejumlah konsumen yang memesan mobil berbodi unik itu.

“Di diler-diler saja saat ini untuk memiliki Splash mesti inden, artinya pasar masih cukup baik. Tapi kita tidak tahu jika ternyata Splash di India discontinue. Selama ini kami impor Splash dari India 6.000 unit per tahun,” ungkap Makmur.

Ditemui ditempat berbeda, Head of Sales Marketing SIS, Davy J Tulian, mengatakan akan berusaha meminta Suzuki India memproduksi Splash khusus pasar Indonesia. Jika tidak berhasil, ada kemungkinan produksi Splash dipindah di Indonesia.

“Kami akan coba diskusi ke Suzuki India agar membuatkan Splash khusus untuk Indonesia. Atau kalau penjualan di Indonesia tetap bagus, bisa saja kami boyong alat perakitan Splash di India lalu kami memproduksi di Indonesia,” terang Davy seperti dilansir laman Okezone.

Mobil Suzuki Splash merupakan salah satu varian mobil mungil Suzuki yang basisnya diambil dari Swift. Ciri khasnya adalah buritan serta lampu belakang yang seperti ditarik ke atas. Sedangkan jantung pacunya dipercayakan pada mesin K12M empat silinder 1.200 cc bertenaga 85 hp pada 4.500 rpm dan torsi 113 Nm pada 6.000 rpm.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya