SOLOPOS.COM - Suzuki Swift. (Suzuki.co.id)

Mobil Suzuki Swift mencatatkan rekor populasi baru di seluruh dunia.

Solopos.com, TOKYO – Mobil Suzuki Swift kembali mencetak rekor. Hatchback yang meluncur perdana pada November 2004 itu populasinya saat ini tercatat mencapai lima juta unit di secara global.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Semula mobil Suzuki penantang Honda Jazz itu hanya beredar di Jepang. Tetapi kini penjualannya tersebar ke 140 negara. Berkat kelincahan dan desainnya, Swift juga beberapa kali terpilih sebagai mobil terbaik dalam penghargaan otomotif.

Seperti dilansir laman Autoevolution, Selasa (12/4/2016), sebelum mencapai populasi lima juta unit tahun ini, Swift telah terjual sebanyak empat juta unit pada 2014, tiga juta unit pada 2013, dua juta unit pada 2011, dan satu juta unit pada 2008.

Meski lahir di Jepang, penjualan Swift di negara itu hanya 19 persen dari jumlah keseluruhan. Penjualan terbanyak ditorehkan di India yang mencapai 54 persen atau sekitar 2,7 juta unit. Sementara di benua Eropa 17 persen dan sisanya terjual di ratusan lain termasuk Indonesia.

Mobil yang memiliki basis produksi di tujuh negara itu dibekali mesin 1.200 cc dan 1.400 cc. Khusus pasar Eropa, Suzuki juga menghadirkan varian sport yang dilengkapi penggerak empat roda (4WD).

Meski sudah berkali-kali melakukan penyegaran (facelift), mobil Suzuki Swift yang beredar saat ini baru sampai pada generasi kedua. Tetapi kabarnya Swift generasi ketiga bermesin turbocharged sudah disiapkan dan akan meluncur awal 2017 mendatang.

Di Indonesia, mobil Suzuki Swift meluncur kali pertama tahun 2005 silam. Saat itu unitnya masih diimpor utuh dari Jepang. Tetapi berkat popularitasnya, pada 2006 mobil itu diproduksi secara lokal oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya