SOLOPOS.COM - Suzuki Baleno tampak belakang (Indianautosblog.com)

Mobil Suzuki Baleno terlahir kembali dalam wujud hatchback.

Solopos.com, FRANKFURT – Masih ingat mobil Suzuki Baleno? Jika tahun 2000-an lalu ia ia berwujud sedan, tahun ini ia terlahir kembali sebagai mobil hatchback. Wujud baru itu diadopsi dari mobil konsep Suzuki IK-2.

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

Mobil Suzuki Baleno terbaru resmi meluncur di pameran otomotif Frankfurt Motor Show 2015 di Jerman. Dilansir laman Worldcarfans, Jumat (18/9/2015), Toshihiro Suzuki selaku Presiden Suzuki mengatakan Baleno hatchback dibangun dari filosofi liquid flow.

Hasilnya, Baleno kini meiliki sasis dan arsitektur baru yang membuatnya lebih keras (rigid) 10 persen namun dengan bobot keseluruhan lebih ringan 15 persen.

Seperti mobil-mobil Suzuki lansiran satu dekade terakhir, Baleno terbaru juga memiliki lampu depan yang bentuknya terinspirasi dari Suzuki Swift. Suzuki mengatakan kesan stylish dapat dirasakan dari bentuk grille, bumper dan pelek rapat berukuran 16 inci.

Kendati memiliki tampilan luar baru, Baleno menyuguhkan desain interior yang membuat pencinta Baleno era 2000-an bernostalgia. Ya, kabin mobil lima penumpang itu memiliki sentuhan ala Suzuki 1990-an.

Kendati demikian mobil dengan bagasi 553 liter itu namun tetap dibekali sederet fitur modern seperti MID, cruise control, head unit dengan layar tujuh inci yang dapat terkoneksi dengan ponsel pintar.

Membuka kap depannya, akan tampak mesin turbocharged baru 1.000 cc boosterjet bertenaga 110 hp dan torsi 170 Nm. Pada versi yang lebih murah, Baleno juga hadir dengan mesin 1.200 Dualjet bertenaga 88 hp dan torsi 120 Nm.

Akan tetapi khusus pasar mobil di benua Eropa, pabrikan berlambang S itu juga akan meluncukan Baleno hatchback yang ditenagai mesin gabungan (hybrid) bensin dan listrik.

Toshihiro menjelaskan mobil Suzuki Baleno hatchback akan dipasarkan mulai 2016 mendatang di negara-negara Eropa. Sementara untuk Indonesia, diprediksi Baleno terbaru itu tidak akan hadir dalam waktu dekat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya