SOLOPOS.COM - Suzuki Baleno hatchback. (Marutisuzuki.com)

Mobil Suzuki Baleno hatchback diekspor ke Jepang dan benua Eropa.

Solopos.com, NEW DELHI – Maruti Suzuki India mengumumkan mobil Suzuki Baleno hatchback rakitannya akan diekspor ke 100 negara. Apakah Indonesia kebagian jatah?

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Dalam siaran pers di laman resmi Maruti Suzuki, Senin (26/10/2015), pabrikan asal Jepang itu mengatakan mobil Suzuki Baleno hatchback merupakan produk eksklusif yang hanya diproduksi di India.

Sehingga dipastikan negara-negara di seluruh dunia mengambil unit mobil terbaru itu dari India. Akan tetapi tidak ada nama Indonesia disebut dalam siaran resmi tersebut. Pabrikan berlambang S itu hanya menyebut nama Jepang.

“Baleno hatcback merupakan mobil eksklusif rakitan Suzuki India dan akan disebar ke 100 negara. Kami juga senang mobil ini akan diekspor dari India ke Jepang, ini sebuah sejarah baru,” ungkap CEO Maruti Suzuki, Kenichi Ayukawa.

Kendati demikian, Davy J Tuilan selaku Deputy 4W Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) secara tersirat memberi sinyal bahwa mobil yang diposisikan lebih mahal dari Suzuki Swift itu akan hadir di Indonesia.

“Harga [Baleno hatchback] yang ditawarkan di India memang menarik. Tetapi itu tidak bisa dijadikan perbandingan langsung dengan harga yang akan ditawarkan di Indonesia,” terangnya sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Detik.

Meski tidak disebutkan jadwal peluncurannya, Davy dengan tegas mengatakan tahun ini SIS akan fokus pada sedan Suzuki Ciaz. Sehingga kemunkinan Baleno hatchback baru hadir di Tanah Air 2016 mendatang.

Pada versi standarnya, mobil Suzuki Baleno hatchback mengusung mesin Boosterjet 1.000 cc. Tetapi untuk negara-negara tertentu, mobil yang belum memiliki pesaing serius itu juga hadir membawa mesin diesel mild hybrid Dualjet 1.200 cc.

Sebelumnya, mobil yang diklaim lebih kokoh namun lebih ringan 100 kg dari Suzuki Swift itu sempat hadir di Indonesia ketika masih menyandang status mobil konsep Suzuki IK-2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya