SOLOPOS.COM - Mobil super Davel Sixteen. (Leftlanenews.com)

Mobil super asal Dubai merupakan calon raja jet darat terbaru.

Solopos.com, DUBAI – Satu persatu mobil super bermunculan di Timur Tengah. Setelah W Motors dengan Lykan Hypersport, kini giliran pabrikan asal Dubai, Defining Extreme Vehicle Car Industri (DEVCI), yang memamerkan Devel Sixteen.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Saat ini mobil super berkelir hitam itu masih berstatus konsep. Tetapi satu yang sudah bisa dipastikan, seperti dilansir laman Leftlanenews, Selasa (22/12/2015), Devel Sixteen merupakan calon raja jet darat terbaru karena mampu melesat hingga 563 km/jam.

”Mobil Devel Sixteen akan menjadi yang tercepat di muka Bumi. Saya yakin tidak ada yang bisa menandinginya untuk saat ini,” ungkap CEO DEVCI, Mohammad Al Attar.

Sang tuner mesin, Steve Moris menjelaskan Devel Sixteen dibekali jantung pacu berupa mesin 16 silinder alias V16 berkapasitas 12.300 cc dengan block dan head cylinder berbahan aluminium serta transmisi otomatis empat percepatan.

Pria asal Michigan, Amerika Serikat, itu menambahkan, mesin yang digunakan Devel Sixteen merupakan mesin tipe 32 katup dengan empat turbocharger terbesar yang pernah ada dalam sejarah kendaraan roda empat.

Sayangnya performa maksimum mobil dengan desain mirip Lamborghini Egoista itu belum pernah dijajal langsung di aspal. Hal itu tidak dapat dilakukan karena hingga saat ini belum ada ban yang mampu mengimbangi kecepatan 500 km/jam, bahkan ban pesawat sekalipun.

Kendati demikian, mobil itu sudah berulang kali di jajal di atas mesin dyno test, yakni mesin pencatat kecepatan, tenaga, dan torsi. Hasilnya, mobil racikan DDS itu mencatatkan tenaga 4.515 hp pada 6.900 rpm dan torsi 4.771 Nm pada 6.000 rpm.

Tetapi Steve menjelaskan, secara teoritis jika mobil super asal Timur Tengah itu dibawa melaju di aspal, tenaga murni yang dihasilkan bisa mencapai 5.000 hp. Sedangkan akselerasinya dari posisi diam ke 100 km/jam hanya memerlukan 1,8 detik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya