SOLOPOS.COM - Lotus 3-Eleven. (Autocar.com)

Mobil super Lotus 3-Eleven hadir sebagai versi terjangkau dari

Solopos.com, LONDON – Produsen otomotif asal Inggris, Lotus, resmi meluncurkan mobil super Lotus 3-Eleven di festival Goodwood of Speed 2015. Lotus menyebut mobil itu dapat mempermalukan pesaingnya yang menjual supercar dengan harga mahal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam siaran resmi Lotus yang dilansir laman Autocar, Sabtu (27/6/2015), Lotus 3-Eleven merupakan mobil super yang menitik beratkan pada pengendalian (handling) yang mudah serta kecepatan yang mengagumkan.

Aspek kecepatan berhasil didapatkan 3-Eleven berkat jantung pacu yang digarap oleh Lotus bersama Toyota, yakni mesin V6 3.500 supercharged berkekuatan 450 hp. Performanya makin sempurna dengan transmisi enam percepatan yang dapat membawa mobil itu melaju 100 km/jam kurang dari tiga detik.

Sedangkan aspek handling tampil maksimal berkat suspensi depan-belakang tipe double-wishbones, anti-rollbar adjustable dan per Eibach racikan Ohlins yang dapat disetel kekerasannya.

Perusahaan yang sebagian besar sahamnya dipegang oleh Proton Malaysia itu menjelaskan bahwa mobil super Lotus 3-Eleven hadir dalam dua varian, yakni varian Road dan varian Race.

Tipe Road

Dikutip Solopos.com dari laman Autoexpress, Lotus 3-Eleven Race memiliki seluruh spesifikasi tipe Road dengan tambahan aerokit yang beraura agresif, sequential gearbox dan kursi tunggal bersertifikat FIA dengan sabut pengaman enam titik. Selain itu bobot tipe Race kurang dari 900 kg sehingga rasio tenaga dengan bobotnya meningkat hingga 500 hp/ton.

“Lotus 3-Eleven mampu mempermalukan saingan yang jauh lebih mahal. Kendaraan ini fokus pada kemampuan yang telah kami rekayasa, jadi mungkin tidak semua orang akan cocok menungganginya,” ungkap Jean Marc Gales, Chief Executive Officer Group Lotus.

Mobil jalanan terkencang yang pernah diciptakan Lotus itu dijadwalkan masuk fase produksi pada Februari 2016 dan pengirimannya dilakukan pada April 2016. Untuk menjaga kesan eksklusif, mobil super Lotus 3-Eleven hanya dibuat sebanyak 311 unit dan proses produksinya dilakukan secara manual menggunakan tangan manusia.

Di Inggris, Lotus 3-Eleven tipe Road dijual seharga 82.000 poundsterling (Rp1,7 miliar) dan tipe Race seharga 115.200 poundsterling (Rp2,4 miliar). Sebagai perbandingan, mobil Ferrari 458 Italia yang memiliki performa yang tidak jauh berbeda dibanderol seharga 152.000 poundsterling (Rp3,1 miliar).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya