SOLOPOS.COM - Mobil super Dendrobium asal Singapura. (Asiaone.com)

Mobil super bertenaga listrik ciptaan UKM Singapura segera dipamerkan.

Solopos.com, SINGAPURA – Sebuah usaha kecil menengah (UKM) di Singapura berencana menciptakan satu unit mobil super bertenaga listrik. Dana yang dibutuhkan tak tanggung-tanggung, mencapai US$10 juta.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dikutip Solopos.com dari laman Asiaone, Rabu (10/2/2016), UKM calon pabrikan mobil super itu bernama Vanda Electrics. Sedangkan dana senilai Rp135 miliar itu merupakan investasi perusahaan Wong Fong Engineeing Works (WFEW).

Presiden Direktur WFEW, Wong Fong, mengatakan mobil listrik itu diberi nama Dendrobium. Versi konsep dari mobil ramah lingkungan itu dijadwalkan rampung akhir bulan ini dan akan diperkenalkan dalam pameran otomotif Geneva Motor Show 2016 di Swis, Maret mendatang.

Wong enggan membocorkan spesifikasi Dendrobium secara spesifik. Tetapi yang jelas mobil super tenaga listrik pertama asal Asia Tenggara itu dibekali baterai Lithium-ion dan mampu melesat 0-100 km/jam dalam waktu kurang dari tiga detik.

Selain Vanda Electrics, pengerjaan mobil listrik Dendrobium dibantu oleh William Advance Engineering (WAE). Seperti diketahui, WAE merupakan perusahaan otomotif asal Inggris yang terjun dalam kejuaraan balap Formula One (F1).

Dalam kerja sama tersebut, Vanda Electrics berperan sebagai desainer interior dan eksterior, perancang arsitektur dasar, serta branding Dendrobium. Sedangkan WAE mengambil peranan sebagai pemasok segala teknologi dalam mobil tersebut.

Sebelum Dendrobium, sebenarnya pernah ada dua proyek pembuatan mobil super di Singapura. Sebut saja proyek Acceleron Electric Drive Systems tahun 2012 dan proyek oleh pengusaha Lim Kian Wee tahun 2008. Akan tetapi tidak ada yang berhasil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya