SOLOPOS.COM - Mobil pertama di Indonesia, Benz Victoria Phaeton (Zigwheels.co.id)

Solopos.com, SOLO — Sejarah mobil pertama di Indonesia ternyata tidak bisa dilepaskan dengan Keraton Solo terutama Raja Kasunanan Surakarta Hadiningrat Paku Buwono (PB) X pada 1894 atau sebelum Kemerdekaan RI.

Mobil yang pertama di Jawa sekaligus di Indonesia tersebut adalah produk dari Mercedes-Benz yakni Benz Victoria Phaeton.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dikutip dari Carmudi.co.id, Carvaganza.com, dan Zigwheels.co.id, Benz Victoria merupakan kendaraan pertama di dunia dibangun oleh Carl Benz sekira delapan tahun sebelum 1894.

Sebagai pemilik mobil pertama di Indonesia, Paku Buwono X memesan mobil Benz dari Pröttle & Co., sebuah perusahaan yang berlokasi di Passer Besar di Surabaya.

Benz Victoria Phaeton diimpor dari Eropa seharga 10.000 Gulden atau sekitar Rp83 juta. Mobil ini baru diterima oleh Sultan Pakubuwono setahun setelah pemesanan melalui Pelabuhan Semarang.

Baca juga: Harga Mobil DFSK di Indonesia, dari Supercab Hingga Glory i Auto

Keberadaan mobil pertama di Indonesia, Benz Victoria Phaeton membuat masyarakat heran dan menjulukinya sebagai kereta setan karena tidak menggunakan kuda sebagai penarik.

Julukan ini tak lepas dari kondisi 1800 an di mana sebagian besar transportasi darat yang berbentuk gerobak ditarik dengan kuda dikenal dengan sebutan kereta.

Mobil Benz Victoria Phaeton memiliki empat roda karet menggunakan mesin satu silinder dengan kapasitas mesin 2000 CC menghasilkan tenaga 5 Hp.

Kepemilikan mobil ini lebih dulu dari Belanda yang baru menghadirkan mobil jenis Benz di Den Haag pada 1896, atau selang dua tahun kemudian.

Baca juga: Terjatuh Saat Naik Motor Sendirian, Apa Yang Harus Dilakukan

Secara tampilan, mobil pertama di Indonesia ini mirip dengan kereta kencana. Benz Victoria Phaeton ini mampu menampung hingga 8 penumpang,

Mobil milik Raja Solo Paku Buwono X (1866 – 1939) ini pernah diikutsertakan dalam pameran RAI Asterdam Motor Show tahun 1924.

Mobil tersebut dibawa dari Jawa ke Belanda dari pulau Jawa dan menghuni sebuah museum di Amsterdam. Saat ini sedang diupayakan kembali ke Indonesia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya