SOLOPOS.COM - Ilustrasi Gempa Bumi di Indonesia. (Detik.com)

Solopos.com, BLORA -- Warga di Kabupaten Blora, Jawa Tengah dikejutkan dengan mobil parkir bergerak sampai jalan sendiri. Kejadian itu ternyata efek gempa Malang, Jawa Timur, bermagnitudo (M) 6,1.

"Saya kira ada apa kok mobilnya [parkir] jalan. Ternyata ada gempa," ujar warga Blora, Suyadi, kepada wartawan, Sabtu (10/4/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Warga lain dari Kelurahan Balun, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Susiloningsih, 39,mengaku merasakan gempa kendati secara singkat.

"Saat itu saya sedang membungkus jajanan. Tiba-tiba lantainya bergoyang. Gempa-gempa. Terus saya keluar rumah. Kurang lebih terjadi selama 3 detik-an," kata dia.

Baca juga: Breaking News: Malang Diguncang Gempa 6,7 Magnitudo, Getaran Terasa Sampai Soloraya

Dia mengungkap beberapa warga di lingkungan Megalrejo Kelurahan Balun, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora langsung keluar rumah saat gempa.

Diwawancara terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blora, Hadi Praseno, mengatakan belum ada laporan dampak akibat gempa Malang di Blora.

"Tapi untuk di Blora sendiri belum ada laporan terkait kerusakan rumah akibat gempa tersebut. Nanti kalau ada akan kami informasikan," ujarnya saat dihubungi Detik.com.

Baca juga: Cerita Warga Solo Kaget Rasakan Gempa 10 Detik hingga Berhamburan Keluar Mal

Diberitakan sebelumnya, gempa Malang sempat tercatat bermagnitudo (M) 6,7. Kini Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memutakhirkan datanya. Gempa Malang bermagnitudo (M) 6,1.

"Hasil analisis BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempa bumi ini memiliki Magnitudo (M) 6,7. Kemudian di-update menjadi Magnitudo 6,1," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno lewat keterangan tertulis, hari ini.

Episenter (pusat) gempa bumi ini terletak pada koordinat 8,83 Lintang Selatan dan 112,5 Bujur Timur. Atau pada jarak 96 km arah selatan dari Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kedalaman pusat gempa adalah 80 km.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya