SOLOPOS.COM - Bus otonom (Theguardian)

Mobil otonom sudah mulai dikembangkan sejumlah perusahaan. Kabar yang berkembang, saat ini teknologi otonom telah merambat ke bus dan sedang dalam tahap pengujian.
Harianjogja.com, WAGENINGEN — Tak hanya mobil tanpa sopir saja yang tengah gencar melakukan sejumlah uji coba, bus tanpa awak sopir pun juga ikut unjuk gigi. Seperti dalam uji coba bus otonom yang dilakukan di Belanda.

Bus otonom bertenaga listrik itu dinamakan dengan WePod. Uji coba bus dilakukan sejauh 200 meter dengan enam penumpang dan merupakan yang pertama kalinya di seluruh dunia. Kota Wageningen dipilih sebagai lokasi bus tanpa sopir tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

WePod dikembangkan oleh Delft Technical University di Belanda dengan dana yang dikeluarkan mencapai Rp45,5 miliar. Jika bus sudah dapat beroperasi penuh, ditargetkan mampu menempuh 24 km per jam.

Dilansir The Guardian, Direktur Teknikal Proyek WePod, Willem van der Wiel mengungkapkan bahwa uji coba bus di jalanan publik merupakan langkah penting.

“Kendaraan tanpa awak sopir belum pernah digunakan di jalan umum. Ini adalah langkah yang penting,” ujar Willem.

Uji coba pada bus otonom akan terus dilakukan di bulan berikutnya. Bus akan digunakan sebagai transportasi publik dengan rute sejauh 6,4 km di kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya