SOLOPOS.COM - logo Panasonic (Reuters)

Mobil otonom (tanpa pengemudi) yang dikembangkan oleh sejumlah perusahaan telah membuat pabrikan elektronik Panasonic untuk mengembangkannya.

 
Harianjogja.com, OSAKA — Setelah Google, Apple,dan Samsung menyatakan diri masuk ke industri otomotif lewat mobil otonom, kini pabrikan asal Jepang, Panasonic juga mengungkapkan minatnya masuk ke segmen tersebut.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Selama ini Panasonic telah membuat baterai untuk motor listrik bagi mobil hybrid dan mobil listrik. Pernyataan perusahaan yang dilansir Automotivenews, Kamis (21/1/2016), menyebut, dengan masuk ke sektor otomotif yang lebih jauh – teknologi mobil otonom – tingkat pendapatan diharapkan melonjak hingga 62 persen pada 2019 mendatang.

Bahkan diperkirakan, pada Maret 2019 nanti, 21 persen penjualan global Panasonic disumbangkan oleh penjualan perangkat otomotif.

Porsi itu naik dari 16 persen yang dicapai hingga 31 Maret tahun lalu. “Bisnis otomotif akan terus memimpin pertumbuhan,” tutur Masahisa Shibata, presiden bisnis global otomotif Panasonic.

“Bagaimana memanfaatkan kompetensi inti di bidang otomotif adalah fokus utama kami,” ujarnya.

Namun, Shibata tak menampik anggapan bahwa pihaknya masih ketinggalan di teknologi mobil otonom atau mobil tanpa sopir. Meski begitu dia menegaskan, bahwa Panasonic berusaha untuk mengekar ketertinggalan itu dengan menyuguhkan teknologi terkini dari teknologi mobil otonom. Bahkan bulan ini melakukan pengetesan.

Pengembangan teknologi tersebut merupakan bagian dari investasi senilai US$ 50 juta atau sekitar Rp690 miliar. Hal ini juga menguatkan proses migrasi Panasonic, dari industri televisi ke otomotif.

Raksasa eletronik lain, seperti Google, Samsung, dan bahkan LG telah menyatakan untuk mengembangkan teknologi pendukung mobil otonom. Selain itu, mereka juga menawarkan suku cadang dan perangkat yang berkaitan dengan mobil berteknologi otonom.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya