SOLOPOS.COM - Nissan X-Trail Hybrid. (Paultan.org)

Mobil Nissan X-Trail bermesin hybrid akan dipasarkan di Indonesia.

Solopos.com, JAKARTA – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) akan menjual mobil Nissan X-Trail Hybrid. Hal itu dinilai cukup berisiko mengingat pajak mobil bermesin hibrida bensin dan listrik itu cukup mahal serta teknologinya belum akrab di masyarakat.

Promosi Uniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

Kabar mengenai akan datangnya mobil Nissan X-Trail Hybrid diungkapkan langsung oleh Presiden Direktur NMI, Steve Ardianto. Kendati pasarnya kecil, Steve mengaku mobil segmen Sport Utility Vehicle (SUV) itu dipasarkan untuk memperkenalkan teknologi ramah lingkungan racikan Nissan.

“X-Trail Hybrid merupakan model yang baru saja diluncurkan di Jepang sehingga kami  juga akan meluncurkan mobil ini tahun ini, supaya konsumen di Indonesia bisa merasakan keunggulan SUV ramah lingkungan,” ungkap Steve seperti dilansir laman Detik, Jumat (26/6/2015).

Dikutip dari laman Paultan, mobil Nissan X-Trail Hybrid meluncur di Jepang April 2015 lalu. Mobil ramah lingkungan itu dibekali mesin 2.000 cc bertenaga 137 hp dengan torsi 199 Nm yang dipadukan dengan motor listrik berkode RM31 bertenaga 40 hp dan torsi 160 Nm. Dengan seliter bensin, mobil itu diklaim dapat berjalan sejauh 20,6 km.

Berbeda dari Tiongkok, Amerika Serikat dan negara-negara maju di dunia yang cenderung memberi subsidi pada harga mobil hybrid, Indonesia justru memiliki kebijakan yang berbeda. Di Tanah Air mobil hybrid dianggap memiliki dua mesin sehingga pajaknya dibuat lebih mahal yang tentunya berimbas kepada harga jual.

“Harga X-Trail Hybrid di Jepang Rp300 juta-Rp350 juta. Kalau di Indonesia nanti mungkin sekitar Rp500 juta, di bawah Rp1 miliar lah,” ujar GM Marketing NMI, Budi Nur Mukmin dikutip dari laman Okezone.

Budi mengakui harga jual tersebut terbilang mahal untuk konsumen di Indonesia. Akan tetapi ia menjelaskan mobil Nissan X-Trail Hybrid hanya sebagai bentuk perkenalan teknologi Nissan sehingga tidak ada jumlah target penjualan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya