SOLOPOS.COM - Interior Nissan Lannia 2016. (Worldcarfans.com)

Mobil Nissan berpenggerak roda depan bakal dapat CVT baru.

Solopos.com, YOKOHAMA – Nissan dikabarkan tengah mengembangkan sistem transmisi otomatis continous variable transmission (CVT) terbaru. Nantinya transmisi itu akan ditanam pada mobil-mobil Nissan berpenggerak roda depan (FWD).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti dilansir laman Worldcarfans, Sabtu (17/10/2015), Nissan mengembangkan transmisi CVT terbarunya bersama anak perusahaannya, Jatco. Pabrikan spesialis CVT itu diketahui juga kerap menciptakan CVT untuk mobil besutan Mazda.

Dalam siaran resminya, Nissan mengatakan CVT terbarunya akan diberi nama CVT W/R. Pabrikan yang bermarkas di Yokohama, Jepang, itu menjelaskan CVT yang dikerjakan bersama Jatco merupakan penyempurnaan dari CVT generasi sebelumnya, CVT7.

Pabrikan yang di Indonesia terkenal dengan mobil Nissan X-Trail dan Nissan Juke itu mengklaim CVT terbarunya lebih mudah dikendalikan serta menyuguhkan sensasi perpindahan gigi yang lebih lembut tanpa entakan.

Hal itu merupakan hasil dari digunakannya peranti pengontrol yang mencegah terjadinya slip yang umumnya sering dirasakan ketika mesin mobil mulai dinyalakan dan sistem transmisi mulai bekerja.

Halusnya perpindahan gigi pada CVT terbaru yang akan hadir di mobil FWD Nissan itu juga disebabkan oleh digunakannya pulley, belt, dan oil pump model terbaru. Tiga peranti itu mampu mengurangi gesekan antar komponen serta menambah umur CVT.

Satu mobil Nissan yang dipastikan merasakan sistem CVT W/R paling awal adalah Nissan Lannia yang beredar di Tiongkok 2016 mendatang. Sedangkan untuk mobil-mobil lainnya, pemasangan CVT terbaru itu akan dilakukan secara bertahap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya