SOLOPOS.COM - Pengunjung melihat-lihat mobil Esemka di Solo Technopark, Solo, Selasa (28/5/2013). (JIBI/SOLOPOS/Maulana Surya)

Mobil nasional yang digadang-gadang yakni Esemka akan diproduksi di Klaten.

Solopos.com, KLATEN – Impian membuat mobil nasional (Mobnas) Esemka segera ditindaklanjuti. Sesuai rencana, pembuatan Mobnas Esemka bakal dipusatkan di Klaten.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal itu disimpulkan setelah berlangsungnya pembahasan Mobnas Esemka di Hotel Grand Tjokro Klaten, Rabu (16/9/2015). Hadir dalam pembicaraan tersebut, seperti anggota komisi VI DPR, Endang Srikarti Handayani; pencetus Kiat Esemka, Sukiyat; perwakilan Toyota Indonesia, I Made Dana; sejumlah tamu undangan lainnya.

“Tadi [kemarin], saya juga sudah ngobrol dengan Dirjen Perindustrian RI, Gusti Putu Surya Wirawan dan perwakilan PT Mekar Armada Jaya Magelang, Wahyono Samsudi. Intinya, Mobnas Esemka akan ditindaklanjuti. Ini menjadi tindak lanjut pertemuan saya dengan Pak pPesiden [Jokowi] beberapa waktu lalu. Lokasi pengembangan Mobnas Esemka berada di Klaten,” kata Sukiyat, Rabu.

Anggota komisi VI DPR RI, Endang Srikarti Handayani, mengharapkan rencana pembuatan Mobnas tak hanya menjadi impian anak bangsa. Pengembangan Mobnas ini juga ditujukan untuk menyongsong Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

“Di sini, saya juga sudah meminta kepada Kemerindag agar merealisasikan impian anak-anak SMK itu. Jadi, tidak hanya di impian atau di pikiran. Di sini, yang jadi penentu adalah Pemkab,” katanya.

Perwakilan Toyota, I Made Dana, mengapresiasi upaya putera bangsa yang ingin mewujudkan Mobnas. Diharapkan pula, Klaten bisa menjadi pusat otomotif di Jateng.

“Dalam membangun industri otomotif, banyak hal yang harus disiapkan. Yang terpenting adalah sumber daya manusia (SDM), setelah itu teknologi,” kata dia.

Kepala Bidang (Kabid) Perindustrian Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Disperindagkop dan UMKM) Klaten, Sinung Nugroho, mengatakan 400-an pelaku industri logam di Klaten sudah siap mendukung rencana mewujudkan Mobnas Esemka.

Saat ini, Pemkab Klaten sedang fokus memikirkan percepatan alih teknologi guna menunjang Klaten sebagai pusat otomotif.

“Saat ini sudah ada semangat untuk mendukung program itu [Mobnas Esemka],” katanya.

Bupati Klaten, Sunarna, mengaku siap menindaklanjuti rencana pembuatan Mobnas di Klaten. “Potensi di Klaten sebenarnya sudah ada. Tinggal dilengkapi saja, dengan cara mengembangkan pelatihan-pelatihan, dan lain sebagainya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya