SOLOPOS.COM - Pikap Mobil Desa tampak belakang. (Detik.com)

Mobil nasional Mobil Desa dicitpakan dosen Universitas Negeri Semarang.

Solopos.com, SEMARANG – Satu lagi mobil nasional karya anak bangsa lahir. Kali ini berasal dari Semarang, Jawa Tengah dan diberi nama Mobil Desa. Kabarnya, mobil tersebut dibanderol tidak sampai Rp100 juta.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seperti namanya, mobil nasional karya Widya Ariadi, Dosen Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang (Unnes) itu dirancang sebagai kendaraan angkut ekonomis yang tangguh untuk penggunaan di wilayah perdesaan.

“Dinamakan Mobil Desa karena transmisi 4×4 cocok untuk jalan pedesaan. Harganya murah, di bawah Rp100 juta,” ungkap Ariadi di kampus Unnes Semarang sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Detik, Kamis (2/6/2016).

Pikap Mobil Desa ciptaan dosen Universitas Negeri Semarang. (Detik.com)

Pikap Mobil Desa ciptaan dosen Universitas Negeri Semarang. (Detik.com)

Sepintas, bentuk mobil yang sudah diuji jalan 100.000 km itu mengingatkan pada Jeep berkat desainnya yang mengotak, sepasang lampu bulat dibalut grille hitam, kap panjang, ban jenis mud terrain (M/T), serta suspensi yang menyuguhkan ground clearance tinggi.

Layaknya sebuah pikap, pada bagian belakang terdapat bak cukup luas dan dalam. Satu hal yang disayangkan adalah permukaan bak tidak sepenuhnya rata karena terdapat tonjolan di kanan kiri untuk ruang ban belakang.

Dijelaskan bahwa seluruh proses pengerjaan Mobil Desa dilakukan di Unnes, kecuali sasis yang dibuat di Tegal. Sedangkan jantung pacunya menggunakan mesin 1.000 cc yang disuplai oleh Viar.

Ariadi mengklaim mobil nasional ciptaannya sudah memenuhi standar emisi Euro 2 dan lebih bertenaga pikap lain di kelasnya. Dalam pengenalan Mobil Desa hadir pula Rektor Unnes Fathur Rokhman dan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya