Kategori: Wonogiri

Mobil Nabrak Tugu, Warga Tirtomoyo Wonogiri Meninggal


Solopos.com/Aris Munandar

Solopos.com, WONOGIRI – Seorang pria asal Kecamatan Tirtomoyo, Wonogiri, meninggal dunia setelah mobil yang ia kendarai me-nabrak sebuah tugu di Lingkungan Jatibedug, Kelurahan Punduhsari, Kecamatan Manyaran, Wonogiri, Jumat (19/2/2021).

Kecelakaan yang menimpa W, 39, warga Blaraksari, RT 002/RW 001, Desa Sukoharjo, Kecamatan Tirtomoyo itu terjadi sekitar pukul 18.30 WIB. Diduga korban mengantuk saat mengendarai mobil hingga pada akhirnya me-nabrak tugu yang berada di sekitar jalan perbatasan Manyaran-Weru, Sukoharjo.

"Ini murni kecelakaan tunggal. Mobil yang digunakan korban yakni Toyota Avanza dengan pelat nomor AD 9425 EM," kata Kasatlantas Polres Wonogiri, AKP Indra Hartono melalui Kanit Laka Ipda Broto Suwarno, saat dihubungi Solopos.com, Sabtu (20/2/2021).

Baca juga: Nissa Sabyan Pelakor, Ustaz Zacky Mirza Kaget

Broto mengatakan, kecelakaan bermula saat mobil Avanza berwarna hitam itu melaju dari arah timur (Manyaran) menuju ke barat (Weru). Setelah sampai di tempat kejadian peristiwa atau TKP, korban hilang kendali hingga mobil yang dikemudikannya me-nabrak tugu.

"Korban naik kendaraan sendiri. Dari keterangan saksi sebelum menabrak tugu, mobil sempat oleng dulu. Dimungkinkan korban mengantuk. Karena mungkin kaget, hilang kendali kemudian banting kiri dan menabrak tugu," ungkap dia.

Broto memastikan bahwa kondisi jalan halus, sehingga kecelakaan tidak disebabkan karena pengemudi menghindari lubang jalan atau adanya kerusakan jalan. Di sisi lain, tidak ada tanda-tanda adanya kerusakan mobil sebelum terjadi kecelakaan. Jadi tugu yang ada di kiri jalan benar-benar dihajar mobil.

Baca juga: Ternyata Banyak Pendaki Dituntun Jalak Lawu Saat Naik Gunung

Mobil Nabrak Tugu Hancur

Akibat kecelakaan itu, lanjut Broto, bagian depan mobil mengalami kerusakan atau hancur. Namun tugu yang ditabrak tidak roboh, karena cukup kokoh.

"Saat ditolong warga sekutar, korban masih mengenakan sabuk pengaman. Kemudian dibawa ke Puskesmas Weru, Sukoharjo untuk dilakukan penaganan. Namun nyawa korban tidak tertolong, meninggal di Puskesmas. Korban mengalami luka pada bagian kepala," kata dia.

Baca juga: Pantai di Wonogiri Tinggi, Bisa Jadi Tameng Saat Tsunami

Atas kejadian itu, Broto mengimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati dalam berkendara. Terlebih saat ini curah hujan masih tinggi. Cek surat kendaraan sebelum berpergian. Selain itu cek kelayakan kendaraan, seperti rem, lampu sein dan lainnya.

"Jangan mengemudi dalam keadaan lelah atau mengantuk, agar tetap bisa konsentrasi. Jika mengantuk cari tempat aman dan nyaman untuk beristirahat dahulu. Dan di masa pandemi Covid-19 tetap terapkan protokol kesehatan saat berkendara," kata Broto.

Share
Dipublikasikan oleh
Chelin Indra Sushmita