SOLOPOS.COM - img

img

JAKARTA- Volkswagen kini mengincar segmen baru yakni mobil murah dengan harga pada kisaran Rp60-80 jutaan. Padahal produk VW sebelumnya harganya bisa capai Rp200 jutaan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Keputusan ini, berarti VW akan merambah segmen low cost car seperti halnya pabrikan Jepang dan India. Seperti dilansir Reuters, Kamis (22/3/2012), VW menyiapkan mobil ini untuk merambah negara-negara berkembang.

“Di India kami membangun Vento dan versi lokal dari VW yang harganya hanya 84 jutaan, di China kami akan membangun mobil yang lebih murah lagi seukuran Seat Toledo,” ujar Kepala Riset dan Pengembangan VW Ulrich Hackenberg.

“Ada segmen pasar antara Rp 60-80 jutaan, yang merupakan tantangan yang nyata,” tambahnya.

Trik agar mobil bisa murah di negara berkembang, adalah dengan memperbanyak kandungan lokal di negara tersebut. “Namun mobil itu tidak akan dijual dengan merek Volkswagen, mereka akan punya merek sendiri,” ujarnya.

Apa tipe mobilnya? Hackenberg mengatakan kemungkinan besar akan merupakan sebuah sedan yang lapang namun bisa juga mobil penumpang yang lebih besar seperti van.

Di Indonesia, pemerintah tengah mengembangkan program Low Cost Green Car (mobil ramah lingkungan dengan harga terjangkau). Pabrikan besar mulai seperti Toyota, Daihatsu, Suzuki sudah menyanggupi dan tengah menunggu regulasi yang jelas dari pemerintah.

Yang terbaru adalah Nissan yang akan memproduksi mobil murah dengan merek Datsun mulai 2014 nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya