SOLOPOS.COM - Mobil Daihatsu Ayla (JIBI/Solopos/Dok)

Solopos.com, JAKARTA—Mobil murah hemat energi atau low cost green car (LCGC) Ayla transmisi matic lebih hemat BBM (bahan bakar minyak) dibanding transmisi manual. Kendaraan bermotor roda 4 yang hemat energi dan harga terjangkau (KBH2) Astra-Daihatsu Ayla bertransmisi otomatis tercatat lebi irit dalam hal konsumsi BBM. Hal ini dibuktikan melalui aksi uji kendara yang dilakukan yang berlangsung di Ancol, Jakarta, Senin (28/4/2014).

Ayla matic dengan kapasitas isi silinder 998 CC cuma menyerap seliter BBM nonsubsidi untuk menempuh sekitar 31,667 kilometer. Saat pedal gas diinjak, KBH2 ini telah menempuh 7.631 kilometer. Setelah test drive kelar angkanya meningkat jadi 7.650.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan data yang dihimpun tim penguji jarak 19 kilometer tersebut ditempuh dengan 600 cc Pertamax. Walhasil, si matic tercatat lebih hemat BBM ketimbang Ayla transmisi manual yang menghabiskan 750 cc untuk selama menempuh 16 kilometer.

Ekspedisi Mudik 2024

Dengan kata lain, seliter bensin bisa dipakai memacu Ayla sejauh 21,33 kilo meter. Uji kendaraa ini dengan asumsi gas melaju dengan kecepatan stabil antara 45 kilometer – 50 kilometer saat lalu lintas lancar.

Secara umum, hasil tersebut jelas sesuai dengan ketentuan dalam program KBH2 yang digagas Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Mobil ini disebut-sebut lebih hemat 60% bahan bakar ketimbang tipe-tipe mobil lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya