SOLOPOS.COM - Lexus ES300 (Caranddrive.com)

Solopos.com, JAKARTA—Lexus Indonesia menargetkan penjualan sedan hybrid ES 250 dan ES 300 untuk segmen premium menengahnya sebanyak 20 hingga 30 unit setiap bulannya.

Presiden Direktur Toyota Astra Motor Jhonny Darmawan menerangkan kehadiran produk baru Lexus ES 250 dan ES 300 ini merupakan bagian dari kepercayaan prinsipal Lexus Jepang bagi Lexus di Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Indonesia merupakan produk pertama yang diluncurkan diluar Jepang . Ini menunjukkan bahwa prinsipal Jepang sangat mempercayai pasar Indonesia yang sedang bertumbuh,” ujar Jhonny dalam peluncuran Lexus ES 250 dan 300, Kamis (17/10/2013).

Jhonny yang juga sebagai Perwakilan Prinsipal Lexus di Indonesia menerangkan meskipun beberapa produk sedan mewah termasuk Lexus mendapat halangan dengan adanya pajak atas barang mewah (PPnBM) tetapi permintaan terhadap sedan mewah masih sangat terbilang positif.

Menurutnya, hingga saat ini, peraturan khusus tentang penerapan pajak  atas barang mewah yang naik dari 75% menjadi 125% belum dikeluarkan oleh Pemerintah. Dengan demikian, ungkapnya, penjualan sedan mewah yang bakalan kena PPnBM di pasar domestik masih berpotensi berkembang.

Meskipun segmennya terbilang kecil, ungkapnya, tetapi penjualan sedan mewah masih menjadi acuan dari prinsipal diluar negeri untuk terus mendatangkan sedan mewahnya ke Indonesia.

Chief Enginer Lexus ES Toshio Asahi menerangkan prinsipal Lexus di Jepang masih mempercayai Indonesia sebagai basis utama penjualannya diluar Jepang. Dengan pertumbuhan pasar otomotif yang terus berkembang semakin meningkat hingga menyentuh angka 1 juta maka prinsipal meyakini kehadiran Lexus ES juga akan berdampak positif.

“Produk [Lexus ES 250 dan Lexus ES 300] yang diluncurkan merupakan produk yang disesuaikan dengan kondisi dan permintaan di Indonesia,” ujarnya.

Selama ini, sambungnya, pasar otomotif di Indonesia memang memiliki karakter yang berbeda sehingga prinsipal Lexus berani memperkenalkan produknya Lexus ES 250 dan Lexus ES 300 yang  masuk dalam segmen menengah (E Premium).

Melalui segmen ini, Toshio yakin penjualannya akan semakin meningkata apalagi menggunakan tekhnologi hybrid yang selama ini terkenal sangat efisien.

General Manager Lexus Indonesia Adrian Tirtadjaja menerangkan dua produk baru ini mendapatkan harga yang spesial dari prinsipal Lexus Jepang. Untuk produk Lexus ES 250 dibanderol dengan harga Rp810 juta sedangkan Lexus ES 300 dijual dengan harga 905 juta.

“Harga ini diberikan karena pasar Indonesia masih dipercaya oleh prinsipal Jepang,” ungkapnya.

Selain itu, Adrian menambahkan hingga September 2013 penjualan Lexus di Indonesia masih terbilang baik dan positif dimata konsumen segmen sedan mewah. Sepanjang Januari—September 2013, sambungnya, Lexus Indonesia telah mencatatkan penjualan untuk semua tipe sebanyak 515 unit.

Berdasarkan sumbangan varian, tipe Lexus RX masih merajai penjualan dengan catatan penjualan sepanjang Januari—September menjadi 428 unit. Dengan akumulasi pertumbuhan ini, Adrian yakin kehadiran Lexus Hybrid ES 250 dan 300 bakalan menyumbang penjualan Lexus keseluruhan hingga akhir 2013 diatas 515 unit.

“Sudah inden 25 unit sebelum diluncurkan [Lexus ES] jadi pasti bakalan menyumbang penjualan tertinggi,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya