SOLOPOS.COM - Mercedes Benz GL Class. (Caranddriver.com)

Mobil Mercedes Benz tenaga hidrogen hadir di kelas SUV GL Class.

Solopos.com, STUTTGART – Tak mau kalah dari Toyota dan Honda, Mercedes Benz kini juga mengembangkan mobil berbahan bakar hidrogen. Mobil itu akan dijadwalkan meluncur 2017 mendatang.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Tetapi tidak seperti mobil hidrogen racikan Toyota dan Honda yang berbentuk sedan, pabrikan mobil yang akrab disapa Mercy itu lebih memilih mobil ramah lingkungannya berbentuk mobil sport utility vehicle (SUV).

Head R&D Mercy, Thomas Webber, mengatakan mobil hidrogen Mercy dibangun dari kasta GL Class. Hasil pengembangan saat ini menunjukkan jarak tempuhnya sudah melampaui Toyota Mirai namun masih kalah dari Honda Clarity.

“Kami membekali GL Class ramah lingkungan dengan tenaga hidrogen dan baterai. Berbekal satu tabung hidrogen, mobil ini mampu berjalan 597 km. Sedangkan pengisian tabungnya hanya tiga menit,” terang Webber sebagaimana dilansir laman Autocar, Selasa (24/11/2015).

Tetapi sebelum memilih Mercy GL Class sebagai mobil hidrogen, Webber menjelaskan pihaknya telah melakukan uji coba pada segmen lain yang lebih murah seperti sedan M Class dan mobil multi purpose vehicle (MPV) kasta B Class.

Akan tetapi hal itu dinilai tidak cocok, terutama jika menyangkut masalah harga jual akhir ke konsumen. Ia mengakui teknologi bahan bakar hidrogen besutan pabrikan asal Stuttgart, Jerman, itu masih cukup mahal sehingga lebih cocok ditujukan untuk segmen atas.

“Bisa dibilang teknologi hidrogen kami sudah matang. Tetapi tetap saja ongkosnya masih termasuk mahal jika teknologi ini ditanamkan pada kendaraan standar,” terang dia.

Webber memastikan mobil Mercy bertenaga hidrogen meluncur 2017 mendatang. Akan tetapi ia tidak bisa memastikan penjuaan mobil yang menghasilkan limbah berupa air yang dapat diminum itu dilakukan di tahun yang sama atau tidak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya