Tim Mobil Listrik (Molis) Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO - Tim Mobil Listrik (Molis) Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) sukses mengukir prestasi di Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) XI. Mereka meraih gelar juara II umum berkat mobil listrik bernama Speeder S2-SAE.

Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) XI ini digelar di Politeknik Negeri Bandung pada 14-16 November 2019 kemarin. Torehan prestasi sebagai Juara II Umum ini dicapai setelah mobil Speeder S2-SAE menduduki peringkat kedua pada kategori Parkir dan Percepatan.

Tim Molis ITNY sendiri merupakan hasil kolaborasi antara Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin (HMTM) dan Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HMTE) ITNY. Pada kejuaraan KMLI XI ini, tim Molis ITNY beranggotakan Jenilton Da Conceicao Miguel, Dika Bagus Putra, Rudy Chamimi, Arman Hehanussa, dan Fani Nurwimbo sebagai driver. Mereka didampingi oleh dosen Prodi S1 Teknik Mesin ITNY, Dandung Rudy H.

Keunggulan Speeder S2-SAE karya tim Molis ITNY ini adalah penggunaan Hyper Clock. Komponen ini berfungsi menambah kecepatan motor melebihi kapasitas top speed motor yang digunakan. Speeder S2-SAE juga dilengkapi dengan dua buah motor high speed yang dilengkapi turbo booster serta empat buah kapasitor sebagai penstabil tegangan ketika terjadi penurunan tegangan pada komponen accu.

Tim Mobil Listrik (Molis) Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY). (Istimewa)

Menurut Dandung, Speeder S2-SAE ini merupakan bukti kontribusi ITNY terhadap riset pengembangan mobil listrik di Indonesia. Sementara Ketua Tim Molis ITNY, Jenilton da Conceicao Miguel mengungkapkan bahwa setelah secara rutin membuktikan diri di level nasional, tim Molis ITNY juga siap untuk berkompetisi di level internasional.

Prestasi ini tidak terlepas dari dukungan penuh yang diberikan oleh ITNY terhadap riset pengembangan mobil listrik. Tak hanya berprestasi dalam berbagai kejuaraan di tingkat nasional, mobil listrik karya mahasiswa ITNY juga telah dipesan oleh berbagai instansi, salah satunya Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

"ITNY senantiasa memberikan sarana dan prasarana untuk pengembangan mobil listrik sebagai bentuk pengejawantahan visi ITNY untuk mencetak Technopreneur in Future Energy," terang Rektor ITNY, H. Ircham, dalam rilis yang diterima Solopos.com, Rabu (27/11/2019).


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten