SOLOPOS.COM - Model berdiri di samping mobil listrik jenis city car buatan Dasep Ahmadi yang dipamerkan di Bandung beberapa waktu lalu. (JIBI/Bisnis Indonesia/Rachman)

Model berdiri di samping mobil listrik jenis city car buatan Dasep Ahmadi yang dipamerkan di Bandung beberapa waktu lalu. Mobil itu akan mulai diproduksi massal tahun ini. (JIBI/Bisnis Indonesia/Rachman)

JAKARTA – Pencipta mobil listrik Dasep Ahmadi akan memproduksi sebanyak 1.000-2.000 unit mobil listrik pada 2013 ini. “Pengurusan perizinan uji tipe kendaraan yang dinamakan Evina ini sedang diurus. Diharapkan sebelum kuartal II selesai soal perizinannya,” kata Dasep, Rabu.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Menurut dia, setelah segala perizinan dan uji tipe, akan diproduksi sesuai dengan permintaan pasar. “Jika semuanya uji yang melibatkan banyak instansi tersebut lolos, pada tahun ini akan targetkan bisa diproduksi massal,” ujarnya.

Adapun uji coba yang sudah dilakukan meliputi lebih dari 1.000 kilometer, meliputi Depok-Jakarta, Jakarta-Bogor, Jakarta-Puncak, Jakarta-Bandung pulang pergi. “Sempat ada kendala, namun semua sudah disempurnakan,” ujarnya.

Segmen pasar Evina yang dibanderol seharga di bawah Rp200 juta itu, antara lain, instansi-instansi pemerintah, termasuk perusahaan swasta. “Instansi pemerintah umumnya menyewa kendaraan operasional di dalam kota dengan harga yang mahal. Dengan menggunakan mobil listrik, kami jamin perusahaan lebih hemat dalam anggaran kendaraan,” ujarnya.

Selain itu, ditambahkan insinyur lulusan ITB yang pernah bekerja pada industri otomotif di luar negeri ini, perusahaan swasta juga akan berminat memesan mobil Evina. “Perusahaan swasta yang beroperasi di dalam kota sangat cocok menggunakannya,” ujar Dasep.

Mobil kategori city electric car yang dirancangnya kurang lebih enam bulan tersebut mampu dipacu hingga sekitar 120 km per jam. Untuk sekali pengisian atau charge listrik selama empat jam, mobil itu dapat menempuh jarak hingga 135 kilometer, katanya. Terkait dengan pengisian listriknya, Dasep menuturkan bahwa PT PLN sudah berkomitmen membangun sebanyak 1.000 titik tempat pengisian yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya