SOLOPOS.COM - Bentuk bodi IAA Concept dalam kondisi normal (atas) dan saat kecepatan tinggi (bawah). (Jalopnik.com)

Mobil konsep Mercedes Benz IAA dapat berubah bentuk tergantung kecepatan.

Solopos.com, FRAKFURT – Mercedes Benz baru saja memperkenalkan mobil konsep yang dapat berubah bentuk. Semakin kencang mobil itu dipacu, maka bodinya akan semakin panjang ke belakang.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

Dikutip Solopos.com dari laman Autoblog, Senin (21/9/2015), mobil konsep besutan Mercedez Benz itu diberi nama Intelligent Aerodynamic Automobile alias IAA Concept. Karena desainnya yang futuristik, sepintas sedan empat pintu itu tampak seperti kendaraan alien.

CEO Mercedes Benz, Dieter Zetsche menjelaskan IIA Concept memiliki dimensi layaknya mobil-mobil sport Mercy seri CLA dalam keadaan normal. Ketika dipacu pada 80 km/jam ke atas, bodi belakangnya akan bertambah panjang hingga 390 mm.

Mercedes Benz IAA Concept. (Topgear.com)

Mercedes Benz IAA Concept. (Topgear.com)

Bukan melar seperti karet, melainkan bagian yang memanjang adalah bodi tambahan yang letaknya tersembunyi pada sektor yang umum dipakai sebagai bagasi.

Selain itu, flaps– komponen mirip sirip– yang menggantikan grille juga akan menyesuaikan pergerakannya sesuai hembusan angin yang diterima.

Bahkan, kerapatan peleknya pun dapat menyesuaikan secara otomatis untuk mamaksimalkan aerodinamika.

Pabrikan asal Jerman itu mengklaim mobil konsep IIA yang sedang dipamerkan di pameran otomotif Frankfurt Motor Show 2015 itu merupakan mobil paling aerodinamis di dunia untuk saat ini. Sebelumnya, gelar itu dipegang oleh mobil Mercy seri S Class.

Mengintip jantung pacunya, mobil konsep yang hadir dengan atap transparan serta interior serba putih dan canggih itu dibekali mesin hybrid perpaduan mesin bensin dan listrik bertenaga 279 hp. Dengan seliter bensin, mobil itu dapat berjalan sejauh 68 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya