SOLOPOS.COM - Porsche 356 bekas Janis Joplin. (Leftlanenews.com)

Mobil klasik Porsche 356 Cabriolet itu bekas musisi Janis Joplin.

Solopos.com, KALIFORNIA – Istilah makin tua makin mahal memang berlaku bagi mobil klasik. Terlebih jika mobil itu bekas artis ternama. Salah satunya adalah Porsche 356 Cabriolet lansiran 1964 di Kalifornia, Amerika Serikat.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

Seperti dilansir laman Leftlanews, Minggu (13/12/2015), mobil klasik Porsche 356 itu merupakan milik penyanyi sekaligus pencipta lagu Janis Joplin. Di rumah lelang RM Sotheby’s, mobil itu laku seharga US$1,76 juta atau sekitar Rp24 miliar.

Adik kanding Janis, Laura Joplin mengatakan mobil kesayangan kakaknya. Mobil dengan atap yang dapat dibuka tutup secara manual itu dibeli Janis pada 1968 dan digunakan hingga akhir hayatnya.

Janis Joplin. (Rockbandaide.com)

Janis Joplin. (Rockbandaide.com)

”Janis selalu menggunakan mobil ini hampir setiap hari dan kemana saja ia pergi. Paling sering bolak balik dari rumah ke San Fransisco dan Los Angeles untuk melakukan rekaman musik,” ungkap Laura.

Selain karena bekas Janis Joplin, mobil lawas rakitan Jerman itu dijual mahal karena tampilannya yang tidak biasa. Berbeda dari Porsche 356 lainnya, milik Janis tampil eksklusif karena mendapat sentuhan lukisan karya Dave Richard pada bodinya.

Laura menjelaskan lukisan tersebut bertema History of the Universe. Tak pelak, lukisan yang menggambarkan gunung, langit, bukit, sungai, hingga lahar gunung berapi itu membuat Porsche 356 milik Janis tampil warna-warni.

Hal itu menjadikan Porsche 356 bekas penyanyi solo asal Texas itu sebagai mobil Art Cars pertama di dunia. Konsep tersebut selanjutnya kerap diterapkan oleh perusahaan mobil asal Italia, Fiat.

Sebagai informasi, Janis Joplin mencapai puncak kesuksesannya pada 1960-an. Pada 2004, pemilik mobil klasik itu pernah menempati urutan ke-46 dalam daftar 100 Artis Terbesar Sepanjang Masa dalam majalah Rolling Stone.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya