SOLOPOS.COM - Ilustrasi/detikcom

Ilustrasi/detikcom

JAKARTA—Siapa pengendara teraman di jalanan? Jawabannya ternyata adalah pengendara mobil klasik. Penelitian terbaru menunjukkan kalau para pengendara mobil klasik adalah pengendara teraman dibanding pengendara mobil atau motor modern.

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

Dilansir IOL Motoring, kenyataan itu terungkap di Jerman dalam sebuah survei yang dilakukan oleh Universitas Dresden untuk federasi industri mobil VDA.

Pada penelitian itu terungkap kalau pemilik mobil tua adalah para pengendara yang sangat berhati-hati ketika berkendara dan karenanya membuat mereka menjadi kalangan paling aman.

Kendaraan yang berumur lebih tua dari 30 tahun di Jerman memang hanya satu persen dari jumlah mobil di jalan-jalan Jerman. Bila semua mobil klasik itu diulas lebih lanjut, para pengguna mobil klasik ternyata hanya terlibat dalam 0,1 persen kecelakaan.

Kalangan terbanyak di Jerman adalah mobil yang berumur kurang dari empat tahun dimana mereka menguasai 36 persen dari total mobil yang ada disana, tapi terlihat dalam 31 persen dari semua kecelakaan di jalan.

Kerusakan teknis yang menyebabkan kecelakaan juga jauh dari para pemilik mobil klasik. Hanya 0,8 persen kerusakan teknis di mobil klasik yang bisa menyebabkan kecelakaan.

Jauh lebih rendah dari kerusakan teknis yang membuat mobil berusia sampai 9 tahun kecelakaan yang persentasenya 1,5 persen.

Jumlah kecelakaan mobil klasik pun cenderung sedikit. Hanya 91 mobil dari setiap 100.000 mobil klasik yang ada disana yang menyebabkan luka-luka.

Para ahli mengatakan kalau hasil penelitian ini adalah luar biasa mengingat bahwa kendaraan klasik jarang memiliki berbagai fitur keselamatan aktif dan pasif, seperti airbag yang dimiliki mobil modern memiliki. Dan dalam beberapa kasus bahkan tidak dilengkapi dengan sabuk pengaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya