SOLOPOS.COM - Imperial Crown 4 Doors Hardtop 1962 yang dipajang di stan Presidential Limo OICC 2013 (JIBI/Solopos/Antara/Try Reza Essra)

Solopos.com, JAKARTA — Sebanyak 13 mobil kenegaraan yang pernah dipakai Bung Karno atau Soekarno Presidential Limo jadi daya tarik The 7th Otoblitz Indonesia Classic Car Show 2013 yang dibuka di JI-Expo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (20/12/2013). Di antara ke-13 mobil itu, Kantor Berita Antara, Minggu (22/12/2013), mencatat Imperial Crown 4 Doors Hardtop 1962 sebagai yang terkencang.

Ajang tahunan pameran mobil klasik terbesar di Asia Tenggara itu mengusung tema “Save Our Classic Heritage”. Pameran itu mengandalkan arena 13 Soekarno RI 1 Presidential Limo sebagai daya tarik pengunjung. Di tempat itu ditampilkan mobil-mobil kenegaraan yang pernah ditumpangi presiden pertama Republik Indonesia Ir Soekarno. Mobil-mobil itu berpelat nomor RI-1.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Jika dibandingkan dengan spesifikasi mobil lain seperti Cadillac Fleetwood, Oldsmobile Sedan yang kecepatan maksimalnya di bawah 180 km per jam, kita bisa simpulkan Imperial Crown mobil Soekarno tercepat,” ungkap Prayitno dari panitia acara dan teknisi di stan Presidential Limo itu, Minggu.

Ekspedisi Mudik 2024

Mobil produksi tahun 1957-1962 itu, menurut dia mampu melaju dari 0 km/jam ke 60 km/jam hanya dalam waktu 9,3 detik sebelum meraih kecepatan maksimal 195 km/jam yang disebut Prayitno sebagai kecepatan tinggi jika dibandingkan dengan mobil-mobil lain pada masanya. Mesin silinder V8 yang dimiliki Imperial Crown mampu menghasilkan 340 tenaga kuda atau 4.600 Rpm.

Untuk bagian interior, Imperial Crown memiliki transmisi yang lebih baik dan getaran minim sehingga dapat menyamankan penumpangnya. Sedangkan dari segi fisik luar, mobil berukuran panjang 5,7 meter dan lebar 2 meter itu dipasangi kap Eagle melengkung pada bagian depan sehingga memberi kesan elegan dan mewah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya