SOLOPOS.COM - Aston Martin DB10. (Jalopnik.com)

Mobil James Bond DB10 memiliki desain yang dicuri dari Henrik Fishker.

Solopos.com, LONDON – Desainer mobil Henrik Fisker menggugat Aston Martin sebesar Rp1,3 triliun. Ia menganggap pabrikan asal Inggris itu telah mencuri idenya dan saat digunakan sebagai desain mobil terbaru tokoh James Bond.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Mobil James Bond yang dimaksud Fisker tidak lain adalah sedan Aston Martin DB10. Dilaporkan laman Autoweek, Rabu (6/1/2016), Ia mengatakan desain mobil dalam film Spectre itu sangat mirip dengan sketsa mobil Force 1 hasil karyanya.

Permasalahan bermula beberapa bulan lalu. Fisker bercerita bahwa dirinya dan Aston Martin sempat bekerja sama dalam proyek pembuatan mobil Force 1 yang rencananya diperkenalkan bulan depan.

Tetapi baru berjalan beberapa pekan, Aston Martin tiba-tiba membatalkan proyek tersebut secara sepihak. Saat itu Fisker memang sudah menyiapkan sketsa Force 1 namun hak kepemilikian masih menjadi miliknya karena belum dibeli oleh Aston Martin.

Sketsa Force 1 karya Henrik Fisker. (Autoweek.com)

Sketsa Force 1 karya Henrik Fisker. (Autoweek.com)

Anehnya, Aston Martin kemudian merilis mobil baru bernama DB10 sekitar November 2015. Betapa terkejutnya Fisker ketika mengetahui desain mobil James Bond itu mirip dengan sketsa yang ia gambar.

Karena merasa dicurangi, pemilik rumah desain Fisker Automotive itu kemudian menempuh jalur hukum dan melayangkan gugatan sebesar US$100 juta atau sekitar Rp1,3 triliun kepada Aston Martin.

Kendati demikian, hingga saat ini belum ada tanggapan resmi yang diberikan oleh pabrikan mobil mewah berlambang sayap itu.

Sebelum mendirikan Fisker Automotive, Fisker juga tercatat sebagai desainer tetap di Aston Martin sepanjang 2001-2004. Lebih jauh ke belakang, ia juga sempat menjadi desainer senior di perusahaan BMW Group.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya