Tutup Iklan

MOBIL HYBRID: Biaya Produksi dan Purnajual Masih Tinggi, Industri Otomotif Pikir-Pikir

 PROSPEK PASAR -- Truk pengangkut mobil yang hendak didistribusikan ke sejumlah daerah. Kalangan pengusaha otomotif meminta pemerintah memberikan kejelasan dan ketegasan mengenai konsep pasar mobil hybrid yang diarahkan sebagai salah satu cara menghemat konsumsi BBM. (JIBI/Bisnis Indonesia/Rahmatullah)

SOLOPOS.COM - PROSPEK PASAR -- Truk pengangkut mobil yang hendak didistribusikan ke sejumlah daerah. Kalangan pengusaha otomotif meminta pemerintah memberikan kejelasan dan ketegasan mengenai konsep pasar mobil hybrid yang diarahkan sebagai salah satu cara menghemat konsumsi BBM. (JIBI/Bisnis Indonesia/Rahmatullah)

PROSPEK PASAR -- Truk pengangkut mobil yang hendak didistribusikan ke sejumlah daerah. Kalangan pengusaha otomotif meminta pemerintah memberikan kejelasan dan ketegasan mengenai konsep pasar mobil hybrid yang diarahkan sebagai salah satu cara menghemat konsumsi BBM. (JIBI/Bisnis Indonesia/Rahmatullah)

JAKARTA – Industri otomotif nasional masih meraba-raba sistem mobil hybrid yang sulit diterapkan pada tipe mobil seharga Rp100 juta-Rp200 juta karena biaya produksi dan purna jualnya relatif masih lebih tinggi dari kendaraan berbahan bakar minyak maupun gas.

Riyanto, peneliti Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Universitas Indonesia, mengatakan potensi pasar mobil low multipurpose vehicle yang mencapai 60%-70% itu sulit untuk diajak pindah ke mobil hybrid karena harga dan biaya perawatannya masih mahal. “Industri otomotif sepertinya masih meraba-raba potensi pasar mobil sistem hybrid. Apalagi di luar negeri potensi pasar mobil itu juga belum begitu banyak terekspose, sebagai pertimbangan ekspor,” katanya kepada Bisnis Indonesia.

Menurutnya, pemerintah boleh saja mewacanakan mobil sistem hybrid sebagai bagian dari upaya pengendalian konsumsi bahan bakar minyak. Namun, hendaknya disertai dengan hasil penelitian secara mendalam mengenai berbagai kelebihan dan kekurangannya sistem tersebut. Penelitian mengenai efisiensi jangka panjang dari mobil hybrid, imbuhnya, yang mencakup antara lain harga jual unitnya, penghematan bahan bakar yang bisa dicapai, perawatannya karena teknologi baru itu belum semua bengkel memahami.

Dia mengatakan pemerintah bekerja sama dengan industri otomotif perlu segera membuat kajian secara mendalam terkait dengan mobil dengan sistem hybrid, yang memilki penggerak ganda yaitu mesin bensin dan listrik, sehingga lebih ramah lingkungan dan hemat bahan bakar minyak. Dengan demikian, lanjutnya, konsumen memiliki acuan sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan pilihan, apakah beralih ke mobil hybrid yang lebih ekonomis atau tetap bertahan pada mobil konvensional berbahan bakar minyak yang ternyata masih lebih murah.

“Kalau ternyata mobil hybrid secara long term efficiency lebih mahal, baik harga unit, biaya konsumsi bahan bakar maupun perawatan dengan teknologi barunya, maka mobil hybrid hanya akan diterapkan pada tipe mobil seharga diatas Rp300 juta, yang pangsa pasarnya relatif kecil,” ujarnya.

Riyanto menegaskan jika benar pemerintah akan memberikan berbagai insentif, termasuk bea masuk dan pajak barang mewah, sehingga harga jual unit mobil hybrid lebih kompetitif dari mobil berbahan bakar minyak atau gas, maka penerimaan pasarnya lebih positif. Sebab, lanjutnya, pihak industri otomotis telah menjelaskan kepada pemerintah bahwa jika tidak ada insentif maka harga unit mobil hybrid mencapai 50%-60% lebih mahal dari pada mobil konvensional yang berbahan bakar minyak dan gas.


Berita Terkait

Berita Terkini

Desa Jangglengan dan Kisah Pesanggrahan Raja Solo di Hutan Jati

Desa Jangglengan di Nguter, Sukoharjo, dulu pernah jadi pesanggrahan Raja Keraton Solo PB IX untuk bersemadi saat masih berupa hutan jati.

Presiden Jokowi Curhat Target Vaksinasi WHO Sulit Tercapai Karena Ini

Jokowi mengatakan saat ini lebih dari 7,6 miliar dosis vaksin Covid-19 telah disuntikkan di seluruh dunia, namun kesenjangan akses terhadap vaksin masih lebar.

3 Zodiak Ini Sering Bikin Patah Hati Orang Lain, Percaya?

Dari sejumlah zodiak yang sering bikin patah hati orang lain ini salah satunya memiliki jiwa petualang dan menyukai kemandirian.

Ternyata Ini Sosok PNS Terkaya di Indonesia, Hartanya Capai 1 Triliun

Ternyata ini hlo sosok Pegawai Negeri Sipil atau PNS terkaya di Indonesia, mempunyai harta mencapai Rp1,6 triliun.

Ini Hlo Cara Ikutan Lomba Foto Astra, Hadiahnya Enggak Main-Main!

PT Astra International Tbk menggelar Lomba Foto Astra dengan hadiah yang super menarik, ada smartwatch hingga sepeda motor.

Seleksi Duta Antikorupsi, Puluhan Pelajar Klaten Bikin Makalah Soal Ini

Seleksi terhadap puluhan pelajar kali ini merupakan rangkaian pemilihan duta pelajar antikorupsi yang diselenggarakan IPPK Klaten dan Exclusive Kingdom Klaten.

Pasoepati Ganti Pot Rusak di Jl Solo-Jogja di Klaten, Ini Foto-Fotonya

Polisi berharap kejadian perusakan pot bunga serupa tak terulang kembali di waktu mendatang

WhatsApp Siapkan 5 Fitur Baru yang Segera Dirilis, Apa Saja?

WhatsApp juga sedang berupaya memperkenalkan editor foto dalam aplikasi yang memungkinkan pengguna menambahkan stiker dan teks, memotong dan memutar foto.

Daftar Pemenang SCTV Awards 2021, Lengkap dengan Nominasinya

Ini dia daftar pemenang lengkap dengan nominasinya SCTV Award 2021 yang baru saja digelar pada Jumat, 27 November 2021.

BMKG: Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Berpotensi Landa Jateng

BMKG juga memprakirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat turun di sebagian besar wilayah Indonesia pada Sabtu.

Geger Pria Asal Bekasi Ditemukan Meninggal Dunia di Masjid Laweyan Solo

Pihak kepolisian menyatakan berdasarkan dugaan sementara, almarhum Sukirman meninggal karena sakit.

Beredar Surat Undangan Seleksi Persis Muda GR, Begini Respons Kaesang

Bos Persis Solo, Kaesang Pangarep, menanggapi beredarnya surat undangan seleksi pemain untuk Piala Soeratin 2021 dari Manajemen Persis Muda GR.

Minyak Goreng dan Telur Ayam Ras Sumbang Inflasi November 2021

BI akan menempuh langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia.

5 Weton Wanita Pemarah dan Pemalas, Salah Satunya Senin Wage

Berdasarkan perhitungan weton dalam Primbon Jawa, kita ternyata dapat menilai sifat pemarah dan pemalas dari seorang wanita.

Doa Agar Menjadi Orang yang Sukses, Jangan Lupa Dibaca ya!

Berikut ini terdapat doa agar menjadi orang yang diberikan kesuksesan menurut ajaran Islam. Jangan lupa dibaca dan diamalkan ya!