SOLOPOS.COM - Ariel Atom 3S bermesin Honda. (Arielmoor.co.uk)

Mobil Honda Civic akan berbagi mesin dengan mobil Ariel Motors.

Solopos.com, LONDON – Pabrikan mobil track sport asal Inggris, Ariel Motors, merayakan hari jadinya yang ke-16. Sebagai hadiahnya, Honda memberikan dua mesin mobil Civic terkencangnya untuk dibuat menjadi mobil baru.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kerja sama dua pabrikan beda benua itu sebenarnya bukan hal baru. Seperti dilansir laman Leftlanenews, Sabtu (26/3/2016), Ariel tercatat telah memproduksi 1.500 mobil tipe track sport berbasis mesin mobil Honda.

Sedangkan pada kontrak terbaru tahun ini, Honda akan memberikan dua mesin mobil Civic kepada Ariel. Pertama adalah mesin K20 berkapasitas 2.000 cc dari hatchback Civic Type R. Kedua, mesin K24 2.400 cc milik sedan Civic Si.

Mesin tersebut juga akan dibangun menjadi track sport seperti mobil Ariel Atom 3S. Kendati mesinnya dari Honda, dipastikan performa dan karakter masinnya akan jauh berbebda.

Itu karena pabrikan yang bermarkas di Somerset, London, Inggris, itu menanamkan electronic control unit (ECU) dan knalpot khusus. Tak ketinggalan, Ariel juga akan membekali mobil terbarunya itu dengan turbocharger dengan tenaga di atas 365 hp.

”Kolaborasi dua pabrikan ini sangat sempurna, baik dari engineering maupun reputasi kami dalam menghasilkan mobil berperforma tinggi yang andal dan memiliki daya tahan terbaik,” ungkap Presiden Direktur Honda UK, Philip Crossman.

Kabarnya, mesin mobil Honda Civic Type R dan Civic Si akan disematkan Ariel pada tiga seri mobil terbarunya, yakni Exoskeleton Off Roader, The Normad, dan New Ace Motor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya