Suasana pabrik mobil Esemka di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Boyolali, Jumat (6/9/2019) pagi. (Solopos-Nadia Lutfiana Mawarni)

Solopos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah (Jateng), https://semarang.solopos.com/read/20180414/515/910100/pilkada-2018-ini-riwayat-hidup-dan-sepak-terjang-ganjar-pranowo" title="Pilkada 2018: Ini Riwayat Hidup dan Sepak Terjang Ganjar Pranowo">Ganjar Pranowo, siap menggunakan mobil Esemka sebagai mobil dinasnya. Ia bahkan siap mendorong seluruh pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng dan 35 kabupaten/kota di Jateng menggunakan mobil karya anak bangsa itu.

Hal itu disampaikan Ganjar seusai melihat peresmian pabrik mobil Esemka di Boyolali, Jateng, oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jumat (6/9/2019).

Meski pun tidak bisa menyaksikan secara langsung proses peresmian pabrik, dan hanya melalui media sosial (medsos), Ganjar mengaku sangat girang dan sudah tak sabar menantikan produk-produkhttps://news.solopos.com/read/20190813/496/1011924/diluncurkan-2019-ini-prediksi-harga-mobil-esemka-garuda-1-bima" title="Diluncurkan 2019, Ini Prediksi Harga Mobil Esemka Garuda 1 & Bima"> mobil Esemka.

Ganjar tak bisa turut mendampingi Presiden Jokowi meresmikan pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) yang memproduksi mobil Esemka itu karena sedang menjalani kunjungan kerja ke Kalimantan.

"Tidak hanya di Jateng, daerah lain hingga kementerian juga akan saya dorong menggunakan mobil Esemka agar bisa dipakai untuk kepentingan nasional," ujar Ganjar, Jumat petang.

Ganjar pun menantikan produk-produk terbaru mobil Esemka, terutama jenis sport utility vehicle (SUV). Meski demikian, ia mengatakan mobilhttps://news.solopos.com/read/20190814/496/1012123/ternyata-ini-jenis-mobil-esemka-yang-diluncurkan-2019" title="Ternyata Ini Jenis Mobil Esemka yang Diluncurkan 2019"> niaga atau pikap yang sudah diproduksi Esemka harus lebih didorong untuk membantu program pemberdayaan petani, nelayan dan pelaku usaha kecil menengah (UKM).

“Kami akan mulai dengan menjadikan mobil niaga Esemka ini untuk kepentingan bantuan kepada kelompok tani, nelayan dan pelaku UKM. Langkah-langkah ini penting dilakukan sebagai upaya menjadikan Esemka sebagai mobil nasional,” tegasnya.

Ganjar mengatakan akan segera berkunjung ke pabrik Esemka tersebut. Dirinya juga berharap, agar mobil niaga yang sudah diproduksi itu dapat didesain sesuai kebutuhan masyarakat.

https://soloraya.solopos.com/read/20190906/492/1016937/presiden-jokowi-tinjau-pabrik-mobil-esemka-di-boyolali-hari-ini" title="Presiden Jokowi Tinjau Pabrik Mobil Esemka di Boyolali Hari Ini">Pabrik Esemka terletak di Desa Demangan Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali. Dalam produksinya, sekitar 80% komponennya berasal dari dalam negeri.

Pabrik tersebut berdiri di atas lahan seluar 115 ha dengan luas bangunan mencapai 12,5 ha. Pabrik ini dilengkapi dengan ruang pamer, pengecatan, perakitan kendaraan, perakitan mesin, pengetesan mesin, pengetesan kendaraan, dan inspeksi.

http://semarang.solopos.com/">KLIK dan https://www.facebook.com/SemarangPos">LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten