Emblem mobil esemka (Bisnis-Thomas Mola)

Solopos.com, JAKARTA -- Setelah lama ditunggu, PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) -- produsen mobil Esemka -- akhirnya buka suara terkait produksi mobil Esemka. Perusahaan dengan pabrik di Boyolali, Jawa Tengah, ini berharap dapat meluncurkan produk perdananya pada tahun ini.

Direktur Utama SMK Eddy Wirajaya mengatakan perusahaan itu tengah menyiapkan fasilitas dan produksi untuk model pikap yang diharapkan dapat diluncurkan pada tahun ini. "Kami harapkan, itu [diluncurkan tahun ini] harapan kami," ujarnya di sela-sela Pameran Industri Komponen Otomotif di Jakarta, Selasa (13/8/2019).

Eddy menegaskan, saat ini hanya terdapat satu perusahaan yang merakit Esemka yakni, SMK yang berbasis di Boyolali. Esemka, katanya, akan terus berupaya untuk meningkatkan penggunaan konten lokal dengan menggandeng semakin banyak pemasok komponen otomotif dari dalam negeri.

Adapun, SMK menggandeng Perkumpulan Industri Kecil-Menengah Komponen Otomotif Indonesia (Pikko) melalui letter of intent (LOI) sebagai salah satu calon pemasok komponen untuk kendaraan Esemka.

Dia menjelaskan, SMK mengundang pelaku komponen sebagai pemasok untuk kendaraan Esemka. LOI merupakan langkah awal yang akan diikuti oleh letter of agrement (LOA) jika terjadi kesepakatan harga antara kedua belah pihak.

"Kesulitan secara umum industri otomotif kan sama, dari suplier adalah bagian terpenting. Makanya dengan kegiatan ini kami bersyukur diberi kesempatan berpartisipasi," ujarnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten