SOLOPOS.COM - Pengunjung melihat-lihat mobil Esemka di Solo Technopark, Solo, Selasa (28/5/2013). (JIBI/SOLOPOS/Maulana Surya)

Pengunjung melihat-lihat mobil Esemka di Solo Technopark, Solo, Selasa (28/5/2013). (JIBI/SOLOPOS/Maulana Surya)

KARANGANYAR — Pemkab Karanganyar belum berencana secara serius membeli mobil Esemka produksi PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK), Solo pada tahun ini. Surat resmi yang berisi pemesanan pembelian mobil belum dikirimkan ke PT SMK.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sekda Karanganyar, Samsi, mengaku pihaknya belum mengirimkan surat resmi ke PT SMK yang berisi pemesanan pembelian mobil Esemka. Artinya, Pemkab Karanganyar belum berniat memesan mobil Esemka yang direncanakan digunakan untuk kendaraan dinas.

“Pemesanan mobil termasuk Esemka harus menggunakan surat resmi. Hingga sekarang, kami belum mengirim surat tersebut,” katanya saat dihubungi Solopos.com, Selasa (28/5/2013).

Pihaknya mengakui Bupati Karanganyar, Rina Iriani SR, sempat melakukan test drive langsung mobil Esemka di Technopark, Solo pada 2012. Kala itu, Bupati memang memesan enam unit mobil Esemka yang bakal digunakan sebagai kendaraan operasional. Saat itu, pihaknya memilih menunggu lantaran mobil Esemka belum bisa dioperasionalkan.

Pihaknya belum dapat memastikan apakah resmi membeli mobil Esemka atau tidak karena harus mengevaluasi anggaran keuangan daerah.

“Semestinya PT SMK melayangkan surat ke Pemkab, apakah jadi memesan atau tidak pada 2012 lalu. Kalau sekarang kami harus melihat anggaran keuangan daerah terlebih dahulu,” jelasnya.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Karanganyar, Nunung Susanto, menyatakan pihaknya menunggu intruksi dari Bupati terkait rencana pemesanan mobil Esemka. Apabila saat Bupati melakukan test drive, mobil Esemka siap dioperasionalkan maka pihaknya langsung memesan secara resmi.

Menurutnya, pembelian mobil yang akan digunakan sebagai kendaraan operasional Pemkab harus dikaji dengan menganilis kondisi keuangan daerah. Apabila ada anggaran pembelian mobil operasional maka bisa digunakan untuk membeli mobil Esemka pada tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya