SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semangat dalam berproduktivitas yang kini meletup-letup yang dialami para siswa SMKN 2 Solo, SMKN 5 Solo dan SMK Warga Solo serta beberapa sekolah lain di Nusantara menjadi modal kuat sebagai titik kebangkitan industrialiasi mobil Tanah Air. Semua itu bisa tercapai, asal mendapat respon positif dari pemerintah yang kemudian diikuti langkah nyata dukungan tersebut.

Sejatinya, menciptakan mobil nasional bukanlah perkara mudah, melainkan membutuhkan segala kesiapan, dimulai dengan standar baku, pelayanan pascajual, seperti juga ketersediaan suku cadang dan bengkel. “Oleh karena itu, sudah dipikirkan pula business plan terhadap segala kesiapan itu. Termasuk juga memroduksi massal yang seperti pada pesanan tersebut,” kata Susanta. Pesanan Esemka yang mencapai 5.000 lebih, tentu tidak dapat dilakukan saat kerja praktek para siswa SMK di sekolah.

Promosi Pembunuhan Satu Keluarga, Kisah Dante dan Indikasi Psikopat

Lebih lanjut Susanta menyampaikan, manfaat yang dapat dinikmati para siswa yaitu memiliki jaringan bisnis dan keterampilan memroduksi onderdil. Sehingga setelah lulus dapat segera menangkap peluang usaha, tanpa sibuk memasukkan lamaran kerja ke perusahaan. “Nantinya jika ini bisa dikonsumsi masyarakat, menghasilkan income dan bekal setelah lulus, merek punya link usaha,” imbuhnya. Kemampuan membuat onderdil atau body mobil akan memberikan peluang kerja dan para alumni.

Ekspedisi Mudik 2024

“Merek bisa membuat onderdil atau body mobil itu dan kemudian dirakit. Melihat minimnya tempat kerja yang tidak seimbang dengan lulusan, semoga tidak banyak yang menganggur karena sudah memiliki bekal. Mereka bisa buka bengkel atau produksi suku cadang,” tuturnya. Bahkan sejak dini, di SMKN 2 Solo ada bisnis center manufaktur yang memiliki fungsi melatih para siswa di bidang bisnis. Bisnis center ini memroduksi sejumlah barang yang kemudian dipasarkan, sedang hasilnya dikembalikan ke siswa dalam wujud fasilitas keterampilan.

JIBI/SOLOPOS/Ahmad Hartanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya